Usaha Pertanian Yang Menguntungkan Nyaris Tanpa Rugi



Usaha pertanian yang menguntungkan sangat banyak. Namun untuk usaha pertanian yang menguntungkan dan nyaris tanpa rugi sangat sulit untuk di temui. Namun usaha pertanian yang menguntungkan tanpa khawatir adanya kerugian masih bisa anda dapatkan.

Sejatinya semua usaha memiliki tingkat resiko kerugian namun persentasenya berbeda-beda.
Untuk itu, kali ini akan kami berikan ide usaha pertanian yang menguntungkan dan nyaris tanpa rugi. Maksud nyaris tanpa rugi yaitu usaha yang memiliki tingkat resiko kerugiannya sangat kecil. Bukan berarti tidak memiliki resiko kerugian.

Berikut ini ide usaha pertanian yang menguntungkan dan mungkin menarik untuk anda kembangkan :


1. Pertanian Berbagai Jenis Lengkuas



Pertanian jenis ini ternyata sangat menguntungkan. Biasanya pertanian jenis ini mengandalkan komoditas jahe dan kencur sebagai komoditi utamanya.

Alasan mengapa pertanian jenis ini cukup menguntungakan sangatlah simpel. Yang pertama tanaman ini tidak begitu membutuhkan perawatan yang intensif. Karena hanya membutuhkan penyiangan secara rutin saja. Dan untuk masalah pupuk pun diberikan ketika proses pengolahan tanah. Selebihnya tidak ada pupuk tambahan.

Alasan yang paling menonjol adalah pertanian jenis ini tidak pernah mengalami gagal panen. Jika pun terjadi persentasenya sangat kecil. Sehingga dalam beberapa kasus, penyebab timbulnya kerugian yaitu karena harga komoditi tanaman ini sering merosot tajam.

Jika anda akan memulainya, direkomendasikan untuk memilih jenis komoditas jahe dan kencur. Karena 2 jenis tanaman ini yang paling mudah dalam proses pemasaran.


2. Komoditi Perkebunan



Jenis usaha pertanian yang menguntungkan selanjutnya yaitu jenis komoditas perkebunan.

Mengapa harus perkebunan?

Karena jenis komoditas ini sering kali menjadi komoditas yang dibutuhkan oleh pelaku industri bahkan sampa kegiatan ekspor.

Namun kendala yang harus anda hadapi untuk memulai usaha pertanian jenis in yaitu modal awal yang terlalu besar. Karena dalam usaha perkebunan tentu membutuhkan lahan yang sangat luas bahkan berhektar-hektar.

Komoditi perkebunan yang memiliki tingkat resiko paling rendah yaitu pisang, kelapa, karet dan lada.
Jika anda akan memulai bisnis perkebunan silahkan pilih dari 4 komoditas tersebut.



3. Pertanian Jenis Rempah-Rempah



Pertanian yang mengandalkan komoditas rempah juga sangat menguntungkan. Alasan utama yang menjadikan jenis komoditas ini sangat menguntungkan adalah pangsa pasarnya yang luas. Karena hampir semua orang membutuhkan komoditas ini.

Namun yang menjadi kendala yaitu lahan yang luas dan sering pula harga jualnya merosot tajam.
Namun jika anda masih tertarik, tanaman yang di rekomendasikan untuk anda yaitu pala dan sereh.

Pala dan sereh sangat di rekomendasikan karena tingkat resikonya yang tidak terlalu besar. Namun cukup lumayan sulit dalam proses pemasarannya.


4. Usaha Pertanian Jenis Buah-Buahan



Pertanian komoditas buah-buahan tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena usaha pertanian buah-buahan sangat menguntungkan. Terlebih jika musim panen raya.

Komoditas ini sangat mudah dalam pemasaran. Anda bisa melihatnya sendiri di pinggir-pinggir jalan. Tentu banyak sekali kios buah bukan?

Namun kendala yang harus dihadapi adalah luas lahan yang diperlukan. Karena jenis usaha pertanian buah-buahan termasuk kedalam komoditi perkebunan. Sehingga membutuhkan lahan yang tidK sedikit.

Jika anda tertarik, sebaiknya anda memilih jenis buah-buahan yang mudah dalam proses perawatannya.
Seperti mangga, salak, buah naga, dan alpukat. Keempat jenis buah ini yang selalu meramaikan kios buah di pinggir jalan.



5. Usaha Pertanian Sayur Mayur



Pertanian sayuran tentu juga sangat menguntungkan. Terlebih jika anda mampu mengendalikan hama yang dapat menyebabkan gagal panen.

Pertanian jenis ini juga selalu dibutuhkan. Meskipun harganya murah namun pemasarannya sangat mudah. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Karena komoditas ini cepat diserap oleh pasar.

Terlebih jika anda menggunakan teknik hidroponik. Maka sayuran yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan tentunya memiliki harga yang mahal.

Jika anda tertarik untuk menanam sayuran. Sebaiknya mulai gunakan teknik hidroponik. Meskipun membutuhkan investasi yang sangat besar. Namun cara ini akan sangat efektif. Karena menghasilkan tanaman yang berkualitas. Dan resiko gagal panen dapat ditekan seminimal mungkin.

Itulah beberapa jenis atau ide usaha pertanian yang menguntungkan dan nyaris tanpa rugi yang mungkin memberikan motivasi untuk anda. Silahkan cari artikel informatif lainnya dibawah. Jika anda memiliki pertanyaan, kami terbuka untuk anda.