Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal Yang Mudah



Cara membuat saluran pembuangan air pada kolam terpal tidak begitu sulit. Sehingga saya yakin anda bisa melakukannya. Jika belum mengerti, silahkan baca panduan membuat saluran pembuangan pada kolam terpal yang kami tulis untuk anda.

Sebenarnya fungsi utama dari saluran pembuangan air di sebuah kolam yaitu untuk mempermudah ketika proses pergantian air kolam. Selain itu juga untuk membuang amoniak yang berlebih dan untuk memudahkan ketika proses panen.

Oleh karena itu, meskipun sederhana. Namun letak atau posisi saluran pembuangan ini harus benar. Agar fungsi-fungsi saluran pembuangan ini dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Berikut ini cara untuk membuat saluran pembuangan pada kolam terpal :


Alat Dan Bahan

1. Pipa PVC / Paralon 1.5" sesuai kebutuhan

2. Elbow 90° 1.5" atau biasa disebut sebagai sambungan "L" sebanyak 1 buah

3. Sok penutup sesuai ukuran pipa 1 buah

4. Gergaji

5. Cutter atau pisau


Cara membuat

1. Silahkan pilih lokasi yang tepat untuk tempat pembuangan. Usahakan berada ditengah kolam. Agar ketika dilakukan proses pergantian air, amoniak yang ada di dasar kolam bisa terbuang.

Lihat gambar berikut ini agar lebih jelas.


2. Setelah itu potong pipa PVC "A" sesuai kebutuhan. Jika pada gambar sepanjang 100 cm karena kedalaman kolam hanya 60 cm.

3. Lubangi pipa bagian atas sepanjang 20 cm secara melingkar. Tentukan berapa kedalaman kolam yang akan anda pilih. Lubang ini berfungsi untuk menjaga air kolam agar tidak melebihi batas kedalaman.

5. Setelah itu, tandai terpal yang akan menjadi tempat saluran pembuangan.

4. Pasang elbow pada terpal yang telah anda beri tanda

Lihat gambar berikut


5. Tambahkan klem agar lebih kuat. Bisa juga menggunakan lem plastik. Namun saran saya gunakan klem.



Setelah seperti gambar diatas, lubangi bagian terpal yang anda beri tanda dengan cuter. Lihat gambar berikut




6. Setelah semua selesai, tingga anda sambungkan pipa "A" ke dalam elbow. Jangan lupa pula sambung pipa paralon "C" untuk pembuangan keluar.


Itulah langkah-langkah untuk mbuat saluran pembuangan air. Jika anda masih mengalami kesulitan, silahkan kontak kami untuk memberikan solusi terkait pembuatan saluran air untuk kolam terpal.