Cara Mengobati Penyakit Gurame Atau Hama Gurame



Cara mengobati penyakit ikan gurame atau hama gurame yang sering menyerang ikan gurami itu sendiri pada saat dibudidayakan sebenarnya cukup mudah. Asalkan anda sebagai pembudidaya ikan gurami mengerti tata cara yang benar dan tahapan yang tepat, agar penyakit ikan gurame yang menyerang dapat di obati dengan maksimal.

Salah satu faktor yang menyebabkan ikan gurame diserang oleh hama atau penyakit yaitu kualitas air kolam yang buruk. Sehingga menyebabkan ikan kekurangan oksigen. Selain itu, penyakit ikan gurame juga disebabkan oleh berbagai parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan gurami itu sendiri.

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit pada ikan gurame, diantaranya sebagai berikut :

Baca Terlebih Dahulu Jenis-jenis Penyakit Gurame

1. Pengobatan Menggunakan Garam Dapur

Pengobatan dengan garam dapur sebenarnya tidak cukup efektif, karena jika berlebihan akan menimbulkan kematian pada ikan. Namun cara ini dapat membantu menghilangkan beberapa parasit. Biasanya cara ini dilakukan di tempat budidaya sulit mendapatkan bahan-bahan kimia.

Cara Pengobatan :
  • Siapkan wadah yang telah diisi air bersih sebanyak 100 ML
  • Tambahkan 1 sampai 2 gram garam dapur lalu aduk sampai rata
  • Ambil ikan yang sakit dan terendam dalam larutan tersebut selama 5 sampai 10 menit
  • Setelah itu pindahkan ikan ke wadah yang berisi air bersih
  • Lakukan pengobatan sebanyak 3 sampai 4 kali dengan cara yang sama

2. Pengobatan Dengan Neguvon

Pengobatan dengan Neguvon ini digunakan untuk penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit. Selain itu, bahan kimia ini juga dapat digunakan untuk memberantas hama di dalam kolam. Dengan cara dilarutkan ke dalam air hingga konsentrasi 0,1%.
Lalu disiramkan ke dalam kolom yang telah dikeringkan, biarkan kolam selama 2 hari sampai parasit mati. Setelah itu dapat dilakukan pengisian kembali dengan air bersih untuk digunakan sebagai budidaya ikan gurame.

Cara Pengobatan Pada Ikan :
  • Siapkan wadah yang telah diisi air bersih kira-kira dapat digunakan untuk merendam ikan gurame
  • Campuran larutan Neguvon hingga konsentrasi 2 sampai 3,5%
  • Setelah itu rendam ikan gurame ke dalam larutan selama 3 menit lalu kembalikan ikan ke dalam kolam.

3. Pengobatan Dengan PK

Pengobatan dengan PK merupakan salah satu pengobatan penyakit ikan gurame yang menggunakan Larutan kimia. PK itu sendiri merupakan Larutan kimia yang bernama kalium permanganat, dan dapat menyembuhkan penyakit ikan gurame yang disebabkan oleh parasit.

Cara Pengobatan Dengan PK
  • Siapkan wadah yang diisi dengan air bersih yang cukup untuk ukuran gurame yang akan di obati. Perbandingan yang ideal gurame : air yaitu 1 : 40 (liter)
  • Campuran larutan PK sebanyak 2 gram per 10 liter air
  • Rendam ikan yang akan diobati dalam larutan tersebut selama 30 sampai 60 menit dengan diawasi secara terus-menerus. Jika ikan menunjukkan gejala keracunan segera pindah kembali ke air segar
  • Jika ikan belum sembuh sempurna, pengobatan ulang dilakukan setelah 3 atau 4 hari

4. Pencegahan Dengan Vaksin

Cara yang terakhir adalah pencegahan dengan vaksin. Cara ini digunakan untuk ikan gurame yang terserang penyakit karena bakteri. Serangan bakteri biasanya menyerang tubuh ikan bagian dalam, sehingga serangan itu dapat dicegah dengan cara vaksinasi.
Ikan yang di vaksinasi dengan dosis 10 sel/ml dan ditambah antibiotika menunjukkan respon kebal terhadap penyakit.

Vaksin yang biasa digunakan oleh para pembudidaya yaitu jenis vaksin aeromonas strain 26. Vaksin ini telah teruji dan direkomendasikan untuk Anda yang sedang membudidayakan ikan gurame

Itulah cara mengobati penyakit gurame atau hama gurame. Cara diatas merupakan cara umum yang dipakai oleh para petani. Jika anda menggunakan cara diatas dan ikan belum sembuh, sebaiknya gunakan cara lain atau bertanya kepada ahli perikanan.