Jenis Media Atau Tanah Yang Cocok Untuk Menanam Tomat


Media atau jenis tanah yang cocok untuk menanam tomat sangat di perlukan untuk membantu pertumbuhan tomat secara maksimal. Jika pertumbuhan telah maksimal, maka otomatis hasil yang di peroleh pun juga maksimal.
Sehingga pemilihan media atau jenis tanah untuk menanam tomat harus di perhatikan.

Setiap tanaman tentu memiliki kriteria tertentu terhadap jenis media yang cocok untuk pertumbuhannya. Begitupun dengan tomat. Berikut ini jenis media atau tanah yang cocok untuk tanam tomat serta persyaratan lengkapnya :

Jenis Tanah

Jika anda menanam tomat di lahan terbuka, maka jenis tanah atau lahan yang cocok yaitu tanah yang mengandung banyak humus. Serta sedikit mengandung air. Karena tomat tidak dapat tumbuh maksimal jika terlalu banyak air yang menggenang.

Selain itu, tanah yang digunakan untuk menanam tomat merupakan tanah yang gembur. Dengan PH ideal untuk tanaman tomat yaitu antar 5 - 6.
Sedangkan tingkat kelembapan yang di butuhkan oleh tanaman tomat yaitu sekitar 70%. Dengan intensitas sinar matahari yang masuk antar 10 - 12 jam setiap harinya.

Suhu sebenarnya tidak begitu berpengaruh. Namun penelitian membuktikan bahwa suhu akan berpengaruh pada warna buah tomat. Apabila anda menanam tomat pada suhu diatas 32° Celcius, maka buah tomat akan berwarna kekuningan atau orange. Jika anda menginginkan buah tomat yang berwarna merah, maka suhu yang harus diperhatikan yaitu di bawah 32° Celcius.

Sementara itu, ketinggian yang paling cocok untuk tanaman tomat yaitu antara 200 - 700 meter diatas permukaan laut. Namun hal ini tergantung jenis varietas yang anda tanam. Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman tomat yaitu antara 100 - 220 mm per tahun

Media Tomat Untuk Polybag

Jika anda akan menanam tomat menggunakan polybag, ada beberapa media yang dianjurkan.

1. Cocopeat

Cocpeat bisa menjadi pihan yang baik buat anda. Karena memiliki banya kelebihan yang dibutuhkan oleh tanaman. Cocopeat memiliki PH yang optimal, yaitu diantara 5,8 - 6. Selain itu, daya ikat terhadap oksigen juga jauh lebih baik dibandingkan dengan media tanah.

Selain itu, cocopeat juga dapat digunakan ulang hingga 3 kali masa tanam. Sehingga akan lebih menguntungkan untuk anda.


2. Campuran Pasir Dan Arang Sekam

Campuran ini sering digunakan para petani yang menggunakan sistem hidroponik. Kedua campuran ini memang cukup baik untuk dijadikan media tanam hidroponik. Karena sifatnya yang tidak mudah di tumbuhi jamur.

Selain itu, arang sekam bersifat bufer. Sehingga ketika terjadi kesalahan dalam pemberian nutrisi maka akan cepat di netralisir. Sedangkan pasir merupakan media dengan sistem drainase yang sangat baik.

Namun campuran dari 2 jenis media ini memiliki kekurangan yaitu daya ikat terhadap air yang cukup rendah. Namun masih dalam tahap optimal.

Media Tanam Tomat Terbaik Untuk Polybag
Untuk jenis media tanam untuk polybag yang terbaik yaitu campuran dari kedua jenis media diatas. Dengan memilih kedua campuran diatas, maka sifat-sifat kefuanya akan saling melengkapi. Kekurangan media pasir dan arang sekam yang tidak baik dalam mengikat oksigen dan air dapat di atasi dengan sifat pengikat yang baik dari cocopeat. Sedangkan kekurangan cocpeat dalam sistem drainase akan teratasi oleh sifat pasir yang baik dalam drainase.

Itulah jenis media tanam yang cocok untuk tomat. Media diatas bisa anda pilih sesuai dengan teknik budidaya yang anda gunakan. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai dalam jumlah yang besar agar hasil yang anda dapatkan menjadi lebih maksimal.