Konsentrat Sapi Terbaik Untuk Ternak Sapi Yang Menguntungkan

Konsentrat sapi terbaik untuk ternak sapi yang menguntungkan perlu anda perhatikan. Karena konsentrat untuk ternak sapi sangat dibutuhkan jika anda menginginkan sapi dapat tumbuh secara maksimal.

Pada peternakan sapi kita mengenal istilah ransum. Dimana ransum tersebut yang menjadi tolak ukur kebutuhan pakan harian dari sapi-sapi tersebut.
Dalam hal ini, banyak sekali peternak yang memilih menggunakan konsentrat untuk mendapatkan ransum pakan sapi yang terbaik.

Tentu konsentrat sapi memiliki beberapa kandungan protein yang berbeda-beda. Sehingga, ada 2 jenis konsentrat untuk pakan ternak sapi.
Yaitu :

  1. Konsentrat sumber karbohidrat, yaitu jenis konsentrat sapi yang memiliki kandungan protein kurang dari 20% dan kandungan serat 18%
  2. Konsentrat sumber protein, yaitu jenis konsentrat sapi yang mengandung protein lebih dari 20%

Mengapa penggemukan sapi harus menggunakan konsentrat ?

Hal ini berdasarkan sifat konsentrat itu sendiri. Yaitu dapat dengan mudah di fermentasi, sehingga konsentrat tersebut dapat menaikkan kandungan propionate yang sangat bermanfaat dalam pembentukan daging. Tentu pembentukan daging sangat diperlukan pada ternak sapi potong.

Konsentrat Sapi Terbaik 

Konsentrat sapi terbaik banyak ditanyakan oleh pngelola ternak sapi. Pertanyaan ini belum dapat di mengerti sepenuhnya karena dari pertanyaan tersebut ada 2 pokok bahasan. Apakah jenis konsentrat sapi terbaik atau merek konsentrat sapi terbaik.

Jika merek atau brand konsentrat terbaik sebenarnya semua jenis brand hampir sama. Karena setiap brand atau merek konsentrat sapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin ada beberapa produk konsentrat yang tidak asing dapat anda gunakan. Seperti Nutrifeed misalnya, atau jenis konsentrat yang lainnya.

Jika jenis konsentrat terbaik untuk ternak sapi, anda harus memperhatikan ransum terlebih dahulu. Ransum merupakan campuran pakan konsentrat dan hijauan yang bertujuan untuk mendapatkan komposisi terbaik dalam sebuah pakan ternak.

Untuk mendapatkan ransum terbaik sesuai kebutuhan pakan sapi.
Terlebih dahulu perhatikan kandungan nutrisi dari jenis pakan berikut ini :



Dari tabel diatas, anda dapat menyusun ransum dengan perbandingan antara konsentrat dan pakan tambahan yaitu sebesar 60 : 40 (%)
Dalam penambahan pakan hijauan atau pakan tambahan diberikan 2 jam setelah sapi mengkonsumsi konsetrat. Hal ini bertujuan agar mikroba terlebih dahulu dapat berkembang dengan baik. Sehingga dapat mencerna pakan hijauan dengan baik.