Ternak Paling Mudah Dan Murah Yang Di Rekomendasikan


Ternak paling mudah dan murah sangat banyak di minati oleh pengusaha. Terutama pengusaha pemula. Karena dengan ternak mudah dan murah selain keuntungan yang akan diperoleh, resiko kerugian pun tergolong cukup rendah. Namun tidak semua jenis usaha ternak dapat dengan mudah untuk dijalankan. Apalagi dengan modal yang sedikit atau murah.

Ada beberapa jenis usaha ternak yang mudah dan murah. Perlu diketahui hal ini berdasarkan fasilitas, perawatan dan modal yang diperlukan.

Berikut ini daftar ternak mudah dan murah untuk anda :


1. Ternak Jangkrik 

Ternak jangkrik masuk ke dalam rekomendasi ternak mudah dan murah karena memang untuk memulai usaha ternak jenis ini sangat mudah. Selain itu, fasilitas kandang pun juga cukup sederhana. Bahkan pakan pun juga cukup mudah.

Meskipun harga jualnya tidak begitu mahal, namun anda tidak perlu khawatir. Karena untuk menjual jangkrik sangat mudah. Sehingga akan tetap menguntungkan.

2. Ternak Kroto 

Ternak kroto juga tergolong ternak yang murah. Namun sedikit lebih sulit. Karena kroto merupakan hewan yang sensitif. Namun perlu anda ketahui bahwa kroto merupakan salah satu jenis komoditas peternakan yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Ternak kroto bisa menjadi alternatif anda untuk mencoba usaha peternakan. Karena ternak ini tidak memerlukan lahan yang luas. Kandang untuk ternak kroto pun juga cukup simple. Anda bisa menggunakan toples bekas.

Image : Ternak Cacing 

3. Ternak Cacing Tanah

Salah satu ternak yang paling mudah dan juga tidak membutuhkan modal yang banyak yaitu ternak cacing tanah. Media yang digunakan cukup simple dan juga mudah untuk didapatkan. Sedangkan pakan yang digunakan juga berasal dari limbah. Yaitu limbah sayuran dan kotoran hewan ternak seperti kambing atau ayam.

Namun kendala yang mungkin harus anda hadapi ialah pangsa pasar yang belum begitu tersedia. Hanya di tempat-tempat tertentu yang bersedia menerima cacing tanah dalam jumlah yang besar.


4. Ternak Cacing Sutra 

Cacing sutra sangat dibutuhkan oleh pengusaha perikanan. Khususnya pada pembibitan. Karena hampir semua jenis pembibitan ikan akan menggunakan cacing sutra sebagai pakan pertamanya.

Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dari ternak cacing sutra tersebut. Ternak cacing sutra termasuk ke dalam ternak yang tidak membutuhkan modal banyak. Namun agak sedikit sulit. Sehingga anda perlu belajar secara kontinu atau bisa magang terlebih dahulu pada peternak cacing sutra.


5. Ternak Ulat Hongkong 

Hampir seperti ternak jangkrik, hasil dari ternak ini di gunakan untuk pakan burung. Pangsa pasarnya juga cukup baik, karena banyak toko burung yang bersedia menampung ulat hongkong.

Ternak ulat hongkong di rekomendasikan karena ternak ini tidak membutuhkan tempat yang luas. Dan memungkinkan anda untuk memulainya dalam skala kecil.

6. Ternak Manggot 

Merupakan jenis usaha peternakan yang sedang trend dikalangan pembudidaya ikan lele. Ternak manggot di manfaatkan untuk pakan tambahan ikan lele atau bisa di jual ke pabrik pembuatan pakan ikan. Hal ini karena manggot memiliki protein yang cukup tinggi dan sangat baik jila digunakan untuk pakan ternak maupun ikan.

Anda bisa memulai usaha ternak manggot dalam skala kecil. Ternak ini juga tergolong usaha ternak yang sangat mudah dan tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan media atau pakan yang di butuhkan hanya berasal dari limbah.

Itulah beberap jenis usaha ternak yang paling mudah dan murah. Jenis usaha ternak diatas di rekomnedasikan karena dapat dimulai dalam skala kecil dan cukup menguntungkan. Sehingga anda tidak memerlukan modal awal yang begitu besar.