Kebutuhan Pakan 1000 Ekor Lele Per Hari Sampai Panen

 Ilustrasi Lele

Kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele dari pertama awal tebar hingga panen dapat ditentukan dengan tepat. Jika anda melakukan hal ini, tentu keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal. Karena pemberian pakan akan lebih efisien. Sehingga tidak membuang pakan yang artinya tidak membuang uang secara percuma.

Dengan menghitung kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele. Anda bisa menetapkan biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi ikan lele hingga masa panen. Sehingga tidak merasa was-was terhadap modal yang sewaktu-waktu bisa kurang.

Selain itu, dengan pemeberian pakan yang intensif akan memberikan hasil yang memuaskan. Secara intensif, pemberian pakan untuk ikan lele yaitu 3 kali dalam sehari. Untuk jadwalnya yaitu sebagai berikut :
  • Pagi pukul 08.00 - 09.00
  • Sore pukul 16.00 - 17.00
  • Malam pukul 20.00 - 22.00

Pemberian pakan menghindari waktu siang hari dikarenakan air kolam akan lebih panas dari biasanya. Jika tetap memaksakan, dikhawatirkan ikan lele akan stress. Jika sudah terjadi seperti ini justru bukan untung yang didapat dalam budidaya lele tapi malah menagalami kerugian.

Menghitung kebutuhan pakan lele ini sangat penting. Jangan karena menginginkan pertumbuhan yang cepat, pemberian pakan lele dilakukan sampai over. Kelebihan pakan pada kolam lele akan membuat kandungan oksigen di air semakin berkurang. Sehingga sangat tidak disarankan.

Jika hal ini sampai terjadi, akan menimbulkan dua kerugian sekaligus. Yaitu pemborosan pakan yang tidak efisien. Dan yang kedua akan mengurangi tingkat oksigen terlarut, sehingga akan mengganggu proses pertumbuhan ikan lele itu sendiri.

Pakan pellet


Menghitung Kebutuhan Pakan Untuk 1000 Ekor Lele 

Cara mengitung kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan teknik Feeding. Yaitu memberikan pakan sesuai dengan bobot ikan itu sendiri.
Untuk acuan pakan pabrikan, anda bisa menggunakan 2 - 3% dari bobot ikan lele.
Sementara untuk kebutuhan pakan alami ikan lele yaitu sebanyak 3 - 5% dari bobot ikan lele.

Tentu untuk pemberian pakan anda bisa menyesuaikan jenis pakan dan ukuran yang akan di berikan. Sebagai tips jika ikan sudah mulai berumur kurang lebih 2 minggu. Tentu ukuran ikan sudah mulai tidak seragam.

Caranya anda bisa memberikan pakan dengan kandungan protein 25% terlebih dahulu. Biasanya ikan yang sudah berukuran besar akan sangat rakus dan menyergap pakan pertama yang diberikan. Sehingga ikan lele yang memiliki ukuran kecil tidak mendapatkan makanan.

Setelah ikan lele yang berukuran besar mulai terlihat kenyang. Berikan pakan pellet yang memiliki kandungan protein sebesar 27%. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele yang berukuran kecil agar memiliki ukuran yang seragam.

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Pellet Untuk 1000 Ekor Lele 

Caranya menghitung kebutuhan pakan ikan lele sangat mudah. Langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan ember berisi air dan timbangan
  2. Timbang ember yang sudah di isi air, catat hasilnya
  3. Ambil sampel ikan lele berjumlah 10 ekor
  4. Masukan sampel ikan lele tersebut kedalam ember 
  5. Kurangi berat ember yang sudah berisi ikan dengan ember yang belum terisi ikan
  6. Bagi dengan jumlah sampel ikan
  7. Setelah itu kali 2% atau 3% 
  8. Hasilnya kalikan dengan jumlah ikan yang ada di kolam 

Contoh
"Ember berisi air tanpa ikan ditimbang dengan berat 1 kg. Setelah itu ditambahkan ikan lele sebanyak 10 ekor. Hasilnya menjadi 1,5 kg. Hasilnya ?"

Cara menghitung
  • 1,5 - 1 = 0,5 kg 
  • 0,5 kg / 10 ekor sampel = 0,05 kg (bobot per ekor ikan)
  • 0,05 kg * 3% = 0,0015 kg per ekor
  • Jadi kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele (0,0015 kg * 1000 ekor = 1,5 kg per hari)

Sangat mudah bukan ?

Selain menggunakan pakan pellet atau pakan pabrikan. Pembudidaya ikan lele dapat menggunakan pakan alternatif. Sehingga dapat lebih menghemat pengeluaran untuk membeli pakan.

Pakan alternatif dapat berupa campuran dari berbagai bahan baku yang memiliki kandungan lemak, perotein, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang cukup untuk ikan lele.

Atau bisa juga menggunakan pakan alternatif seperti keong mas, ikan rucah, ayam tiren, azola dan belatung. Namun dalam peberian pakan alternatif tetap harus anda kontrol. Jangan sampai membuat ikan lele tambah brutal atau kanibal.

Itulah kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele. Silahkan terapkan pada kolam ikan lele yang sedang anda budidayakan.