Usaha Perkebunan Buah Yang Paling Menguntungkan



Usaha perkebunan terutama perkebunan buah banyak dilirik oleh petani modern. Hal ini terjadi karena usaha perkebunan buah sangat menguntungkan. Selain itu, juga ada beberapa jenis buah yang mudah dalam perwatannya. Dengan perawatan yang mudah dan keuntungan maksimal tersebut yang melatarbelakangi usaha perkebunan buah akhir-akhir ini.

Berikut ini usaha perkebunan buah yang paling menguntungkan dan layak untuk anda coba :


1. Perkebunan Pisang 

Perkebunan pisang menjadi salah satu perkebunan buah yang sangat menguntungkan. Pisang hanya dapat dipanen sekali seumur hidup. Namun yang menjadi keunggulan buah pisang ini yaitu perkembangbiakan yang sangat mudah.

Keunggulan lain dari buah pisang yaitu proses penjualan yang sangat mudah. Banyak sekali yang bersedia membeli pisang dalam jumlah banyak. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan proses pemasarannya.

Jika mengembangkan usaha perkebunan pisang, anda tidak perlu risau terhadap hasil. Karena pisang sudah pasti berbuah. Bahkan banyak yang tidak menambahkan pupuk pun pohon pisang masih dapat menghasilkan buah dengan tandan yang lumayan besar. Namun untuk hasil yang maksimal sebaiknya ditambahkan pupuk untuk kebutuhan nutrisi pisang tersebut.


2. Perkebunan Salak 

Perkebunan salak juga menjadi salah satu perkebunan buah yang sangat menguntungkan. Salak mampu berbuah sepanjang tahun. Biasanya dalam satu bulan, rata-rata per pohon dapat menghasilkan lebih dari 5 kg buah salak.

Yang menjadi pertimbangan dari buah salak yaitu proses perawatannya yang lumayan sulit. Hal ini terjadi karena pohon salak memiliki duri pada bagian dahan. Sehingga diperlukan peralatan khusus untuk merawat buah salak.


3. Perkebunan Alpukat 

Alpukat menjadi salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Menanam alpukat sangat menguntungkan. Karena alpukat selalu memiliki harga yang lumayan mahal ketika panen tiba.

Salah satu yang menjadi kendala dari tanaman alpukat yaitu pohonnya yang memiliki ukuran sangat besar. Selain itu, menunggu hingga waktu berbuah lumayan lama. Namun keunggulan dari alpukat adalah sangat jarang di temukan pohon alpukat yang tidak berbuah. Terlebih jika anda rutin melakukan perawatan. Tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, jika anda membudidayakan alpukat sebagai komoditas pertanian. Selain harganya yang lumayan tinggi, penjualan hasil buah alpukat juga sangat mudah. Banyak sekali penjual buah yang bersedia menerima hasil panen dari buah alpukat dalam.jumlah besar.


4. Perkebunan Pepaya 

Perkebunan pepaya menjadi salah satu perkebunan buah yang sangat menguntungkan. Proses perawatannya yang sangat mudah membuat perkebunan pepaya sangat menguntungkan. Pepaya mampu berbuah sepanjang tahun, sehingga anda juga dapat panen sepanjang tahun.

Biasanya buah pepaya dipanen sebelum masak. Namun kendalanya yaitu terkadang buah ini sama sekali tidak laku apabila stok buah pepaya sangat melimpah.


5. Perkebunan Semangka 

Banyak yang memandang sebelah mata terhadap buah ini. Padahal perkebunan semangka merupakan salah satu perkebunan buah yang paling menguntungkan.

Semangka biasanya dijual dengan harga per biji dari tingkat petani. Jika anda mampu menghasilkan 1000 buah semangka dalam sekali panen. Tentu akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Mungkin kendala untuk buah semangka yaitu pencurian. Namun hal ini tidak akan menghabiskan semangka yang ada di kebun anda.


6. Perkebunan Buah Naga 

Buah naga menjadi buah yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan. Banyak sekali sentra perkebunan buah naga. Seperti di kabupaten Lampung Timur yang memiliki sentra perkebunan buah naga. Bahkan warga sekitar pun menanam buah naga di pekarangan rumah.

Perkebunan buah naga juga menjadi salah satu perkebunan buah yang paling menguntungkan. Selain mahal, para penjual buah naga di pasar membutuhkan pasokan yang sangat banyak. Oleh karena itu anda tidak perlu risau dalam pemasaran pasca panen.


7. Perkebunan Durian 

Siapa sih yang tidak kenal durian ?
Buah dengan aroma yang khas dan kulit ditumbuhi duri. Buah ini sangat populer. Jika anda menanam buah ini tentu tidak akan pernah kesulitan pada saat memasarkan pasca panen. Karena banyak sekali yang bersedia membelinya. Harganya pun juga tidak murah.

Namun banyak sekali kendala untuk membudidayakan buah ini. Contohnya kondisi lahan harus lapang atau luas. Perlu beberapa tahun untuk mendapatkan hasil panen. Selain itu jika perawatan yang dilakukan tidak maksimal, buah durian akan sulit untuk berbuah.


8. Perkebunan Mangga 

Mangga juga menjadi salah satu buah yang banyak di gemari oleh masayarakat. Sehingga pemasaran pasca panen juga tergolong mudah.
Hanya saja harga dari buah mangga sering kali anjlok. Terlebih jika pasokan di pasar sangat banyak.

Namun buah ini tetap menguntungkan. Karena pohon mangga di sekitar pekarangan rumah yang tanpa dilakukan pemupukan dapat panen setiap tahun. Terlebih jika anda melakukan perawatan yang intensif. Tentu hasilnya akan lebih baik.

Itulah beberapa perkebunan buah yang paling menguntungkan. Tips untuk memilih buah yang akan di budidayakan yaitu dengan melihat minat dari konsumen. Jangan sampai anda membudidayakan buah-buahan yang memiliki harga mahal namun sulit dalam pemasaran. Tentu akan sangat merugikan karena memakan waktu untuk memasarkan buah tersebut.