Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium

Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium 

Membudidayakan ikan mas koki di akuarium bisa anda lakukan apabila tidak memiliki kolam yang cukup luas atau tidak memiliki lahan yang bisa digunakan sebagai tempat budidaya ikan mas koki. Namun tetap saja, budidaya ikan mas koki di akuarium tidak begitu ideal. Terlebih bila untuk usaha. Karena ukuran akuarium yang sangat terbatas sehingga sangat menyulitkan apabila akan memulai usaha budidaya ikan mas koki.

Namun budidaya ikan mas koki di akuarium bisa anda pilih jika hanya untuk sekedar hobi atau hanya Sekedar sampingan saja. Untuk hasinya juga sangat baik meskipun tidak sebaik jika dilakukan pada kolam terbuka yang tentu saja ukurannya lebih luas.

Untuk cara membudiayakan ikan mas koki diakuarium, berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan :

1. Siapkan Akuarium 

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan memulai budidaya ikan mas koki di akuarium yaitu menyiapkan akuarium itu sendiri.
Akuarium menjadi tempat hidup ikan mas koki sekaligus tempat budidaya ikan mas koki tersebut.

Ukuran akuarium yang ideal untuk digunakan budidaya ikan mas koki yaitu
  • Panjang 90 cm 
  • Lebar 40 cm 
  • Tinggi 40 cm

Ukuran diatas dipilih dengan alasan agar mudah dalam perawatan. Seperti mengganti air atupun mengontrol kualitas airnya. Akuarium ini dapat menampung 4 - 6 ekor indukan ikan mas koki tanpa aerator. Sedangkan pada saat pemijahan jumlahnya dikurangi menjadi 2 - 3 ekor ikan mas koki dalam 1 akuarium.


2. Memilih Jenis Indukan 

Untuk memilih jenis indukan tergantung selera masing-masing. Yang terpenting indukan tersebut berkualitas. Dan merupakan indukan yang sudah matang gonad.

Sebagai saran sebaiknya gunakan jenis ikan mas koki yang sama. Dan fokus pada satu jenis ikan mas koki terlebih dahulu. Namun bila menginginkan warna yang cantik bisa menggunakan ikan dengan warna yang polos namun berbeda. Misal jantan berwarna merah polos dan betina berwarna putih polos.

Sedangkan untuk ciri-ciri ikan mas koki yang berkualitas yaitu sebagai berikut :
  • Panjang tubuh minimal 7 cm
  • Umur lebih dari 7 bulan
  • Ekor lebar, sirip tegak dan sisik kecil indah namun rapi tidak rontok

Untuk mengetahui ikan mas koki jantan dan betina silahkan baca Disini


3. Mengawinkan Indukan Mas Koki 

Mengawinkan indukan mas koki atau sering disebut sebagai proses pemijahan ini tidak jauh berbeda dengan pemijahan ikan mas koki pada kolam terpal atau kolam biasa. Prinsipnya sama, hanya saja media yang digunakan adalah akuarium. Yang memiliki ukuran lebih kecil.

Karena memiliki ukuran yang lebih kecil, maka harus memberikan perawatan ekstra agar ikan mas koki dapat memijah dengan baik di akuarium.
Karena proses pemijahan ikan mas koki di akuarium ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan karena ukuran akuarium itu sendiri.

Berikut persiapan yang harus dilakukan untuk budidaya ikan mas koki di akuarium
  • Sebelum dilakukan pemijahan, sebaiknya akuarium di bersihkan terlebih dahulu. 
  • Setelah itu pastikan airnya dalam kondisi yang bersih serta kaya akan oksigen. 
  • Sebaiknya gunakan aerator agar ikan tidak stress karena kekurangan kandungan oksigen terlarut 
  • Tambahkan pula media untuk ikan mas koki melakukan pemijahan yaitu eceng gondok yang juga telah di cuci bersih akarnya.

Setelah proses diatas selesai dilakukan. Silahkan masukan indukan ikan mas koki yang sudah siap dipijahkan. Perbandingan ikan mas koki betina dan jantan yaitu 2 : 1


4. Proses Pemijahan 

Pada ikan mas koki, biasanya proses pemijahan berlangsung selama ±24 jam. Dengan diawali proses kejar mengejar antara indukan mas koki jantan dan betina.

Pada saat itu, biasanya indukan ikan mas koki betina akan menaruh telurnya di eceng gondok. Dan akan dibuahi oleh indukan ikan mas koki jantan. Pembuahan ini disebut sebagai pembuahan eksternal.

Setelah semalam, angkat kedua indukan ikan mas koki tersebut. Karena pada saat itu telur yang menempel pada eceng gondok sudah siap menentas. Biasanya dalam waktu 2 - 3 hari telur-telur tersebut akan menetas dengan sendirinya.

Pada masa-masa ini, usahakan jaga kebersihan air dalam akuarium. Jaga juga suhu air yang idealnya berkisar antara 24 - 28 derajat celcius. Selain itu, perhatikan juga asupan oksigen terlarut dalam akuarium.


5. Pemeliharaan Larva 

Setelah telur ikan mas koki menetas menjadi larva, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memelihara larva tersebut hingga menjadi ikan mas koki yang siap jual.
Pemeliharaan dilakukan dengan menjaga kualitas air dan juga kandungan oksigen. Yang perlu di perhatikan adalah kandungan oksigen. Karena membudidayakan ikan mas koki dalam akuarium yang luasnya sangat terbatas akan sangat minim kandungan oksigen terlarutnya.

Usahakan tinggi air tidak lebih dari 15cm. Selain itu, jangan diberikan pakan berlebih agar air tidak mudah kotor. Sedangkan pakan terbaik yang disarankan untuk larva ikan mas koki yaitu kutu air.

Itulah cara membudidayakan ikan mas koki di akuarium dengan mudah. Silahkan diterapkan di rumah dan semoga bermanfaat untuk semuanya.