Cara Ternak Entok Yang Menguntungkan


Cara Ternak Entok

Cara ternak entok yang menguntungkan perlu diketahui oleh peternak yang akan mencoba peruntungan di dunia ternak entok. Karena dengan cara dan teknik yang benar, kemungkinan besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sangat terbuka.

Faktor yang membuat ternak entok.ini mulai dilirik adalah harga jual entok yang lumayan tinggi. Selain itu, proses pemasarannya juga cukup.mudah. karena banyak sekali masyarakat yang menyukai daging entok. Serta saat ini juga banyak restauran yang menyediakan menu olahan berbahan dasar daging entok.

Faktor lainnya yang membuat ternak entok ini sangat menguntungkan yaitu daya tahan yang baik dari berbagai jenis virus. Sehingga kemungkinan untuk mengalami kegagalan sangatlah kecil.

Untuk memulai ternak entok, ada beberapa tahap yang harus dilakukan agar ternak entok yang ditekuni dapat memberikan keuntungan maksimal. Berikut ini cara ternak entok yang menguntungkan :

1. Persiapan Kandang 

Langkah pertama yang harus dilakukan jika akan menekuni usaha ternak entok yaitu dengan menyiapkan kandang.
Kandang sangat berperan penting dalam menunjang pertumbuhan entok itu sendiri. Karena kandang yang kurang sehat akan membuat entok lebih sering terserang penyakit dan menyebabkan pertumbuhannya menjadi lebih lambat.

Kandang untuk ternak entok sebaiknya berada jauh dari pemukiman masyarakat. Tujuannya agar tidak menggangu masyarakat sekitar. Karena bau dari kandang entok sangat menyengat.

Selain itu, dalam pembuatan kandang entok juga harus memperhitungkan fungsi dan tujuan dari kandang tersebut. Karena untuk hasil yang maksimal kandang sangat berperan penting dalam usaha ternak entok

Syarat kandang entok yang baik adalah :
Dapat melindungi entok dari cuaca ekstrem seperti panas dan hujan
Terdapat lahan bermain
Terdapat tempat pakan dan tempat minum yang terpisah dari kubangan
Dilengkapi dengan kubangan untuk entok mandi
Memiliki pagar atau dinding yang dapat melindungi entok dari serangan hewan buas

Jika masih belum memiliki ide design kandang entok yang ideal. Berikut ini contoh gambar yang bisa di gunakan jika akan membuat kandang entok.

Gambat kandang entok

Yang terpenting kandang tersebut memiliki pagar keliling agar entok tidak hilang atau berkeliaran kemana-mana. Selain itu juga memiliki tempat meneduh bagi entok itu sendiri.

Sedangkan untuk ukuran bisa disesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Semakin luas kandang maka akan semakin banyak entok yang akan ditampung.

2. Pemberian Pakan 

Agar ternak entok menguntungkan dengan maksimal, peran pakan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tersebut. Dengan pakan yang berkualitas akan menunjukan hasil yang berbeda dibandingkan dengan pakan yang biasa-biasa saja.

Pakan dan kebutuhan gizi untuk entok yang ideal adalah sebagai berikut :

  • Entok umur 1 - 14 hari membutuhkan pakan yang memiliki kandungan protein cukup banyak. Serta membutubkan vitamin untuk pertumbuhan awal. Untuk umuran 1 - 14 hari sebaiknya entok di berikan pakan pellet starter. 
  • Entok umur 15 - 35 hari membutuhkan pakan yang berfungsi untuk menambah bobot dan pembentukan daging yang maksimal. Sehingga cenderung membutuhkan pakan konsentrat. Sebainya untuk mengurangi biaya produksi bisa di campur dengan dedak, ampas tahu atau jagung. 
  • Entok umur 36 - 60 hari merupakan masa dimana entok membutuhkan asupan mineral dan vitamin dalam.jumlah yang relatif lebih besar. Karena untuk menjaga metabolisme dan kesehatan entok itu sendiri. Sebaiknya pada umur ini entok diberikan pakan campuran yang berasal dari bekatul, ikan runcah, nasi, ampas tahu, keong, menir dan eceng gondok. 

3. Vaksinasi 

Entok merupakan unggas yang lebih tahan dari serangan penyakit dibandingkan dengan jenis-jenis unggas yang lainnya. Namun tetap saja vaksinasi harus dilakukan agar entok dapat tumbuh dengan sehat.

Selain itu, vaksinasi juga dilakukan agar entok lebih kebal terhadap penyakit. Dan juga untuk berjaga-jaga sekaligus tindakan pencegahan.
Vaksinasi dilakukan sebelum entok di umbar pada kandang terbuka. Yaitu menggunakan vaksin vitachicks. Vaksin ini berfungsi untuk penyakit pilek dan flu yang sering menyerang entok.

4. Pengendalian Penyakit 

Untuk ternak entok tentu saja tidak begitu membutuhkan langkah yang intensif dalam pengendalian penyakit. Karena pada umumnya unggas jenis ini lebih tahan terhadap serangan penyakit. Terlebih jika sudah di vaksinasi.

Langkah yang harus dilakukan oleh peternak yaitu dengan cara membersihkan kandang secara rutin untuk menjaga kesehatan entok dan juga rutin mengganti air minum. Selain itu, ketika ada salah satu entok yang terserang penyakit flu atau pilek. Segera pisahkan dalam kandang karantina agar penyakit tidak menular secara beruntun.


5. Masa Panen Entok 

Entok ini dapat dipanen setelah berumur 60 hari. Atau biasanya memiliki berat rata-rata 1,3 kg per ekor.

Cara panennya cukup tangkap saja entok yang akan dijual atau dipesan oleh pembeli. Setelah itu masukan ke wadah khusus dan kirim dengan armada yang telah disiapkan.

Untuk masa panen sendiri biasnaya tergantung permintaan pasar. Karena lebih banyak restauran yang meminta entok muda dibandingkan dengan entok yang sudah berumur.

Tips untuk peternak yang akan memulai usaha ternak entok yaitu untuk melakukan perawatan ekstra pada saat entok masih berumur dibawah 2 minggu.

Untuk entok umuran dibawah 2 minggu sebaiknya menggunakan kandang brooder (box). Alasannya agar entok lebih aman dan lebih hangat. Kapasitas kandang brooder yaitu 50 ekor anak entok untuk ukuran 1 meter persegi.

Gambar Kandang Brooder

Itulah cara ternak entok yang menguntungkan. Jangan takut gagal dalam menjalani usaha ternak entok. Karena entok merupakan salah satu unggas yang sangat tahan terhadap penyakit. Sehingga resiko kerugian dan kematian sangat kecil sekali.