Daftar Komoditi Pertanian Yang Cepat Menguntungkan

Kelapa Sawit

Semua pengusaha memiliki inisiatif untuk mencoba berbagai jenis usaha. Tentu saja mengharapkan adanya profit yang menjanjikan. Sehingga mereka berlomba mencari jenis usaha yang menawarkan hasil tersebut.

Usaha yang menyangkut jenis komoditi kian dibidik. Alasannya adalah banyak sekali komoditi yang cepat menguntungkan. Sehingga mereka sangat tertarik untuk melebarkan sayap usahanya di bidang ini.

Untuk mencari jenis komoditi yang cepat menguntungkan tentunya di pengaruhi oleh beberapa faktor.

Jika anda merupakan seorang pengusaha yang hanya bergerak untuk membeli dan menjualnya. Maka semua komoditi termasuk kedalam jenis komoditi yang cepat menguntungkan. Karena tergantung modal yang anda miliki.

Namun akan berbeda cerita apabila anda adalah seorang petani. Maka tidak semua komoditi akan cepat menguntungkan. Oleh karena itu anda harus tepat dalam memilih jenis komoditas yang akan anda kembangkan.

Jika dilihat dari cepatnya mendapatkan keuntungan, maka berikut ini beberapa jenis komoditi yang cepat menguntungkan :

1. Tembakau 

Tembakau merupakan salah satu jenis komoditas pertanian yang dibutuhkan oleh pabrik rokok. Meskipun prospek Industri rokok di Indonesia sedikit mengkhawatirkan. Namun tetap saja tembakau menjadi komoditas yang cepat menguntungkan.

Tembakau sudah dapat dipanen pada umur 90 - 100 hst. Dengan pemetikan dilakukan sebanyak 1 - 3 helai daun per pohon. Serta dalam selang waktu 2 - 6 hari.

Tembakau sangat mudah di pasarkan, karena banyak sekali yang membutuhkan komoditas ini selain pabrik rokok. Sehingga anda bisa mencoba untuk menanam tembakau dilahan pertanian yang anda miliki.


2. Kakao

Kakao juga dapat menjadi pilihan untuk anda jika mencari komoditi yang cepat menguntungkan. Jika di hitung sejak tanam. Maka anda harus menunggu kurang lebih selama 2,5 - 3 tahun untuk mulai menikmati hasil dari komoditi yang satu ini.

Kako menjadi salah satu komoditi yang cepat menguntungkan karena dibanding dengan komoditi lainnya seperti kelapa sawit misalnya. Kakao lebih cepat panen. Dan nilai plus dari kakao yaitu harganya yang relatif stabil. Karena hasil olahan kakao sangat di gemari di seluruh dunia dan yang menjadi alasan utamanya yaitu tidak ada bahan lain yang dapat menggantikan peran dari kakao ini.

Prospek kedepan untuk jenis komoditi yang satu ini sangat baik. Dan bahkan bisa menjadi salah satu komoditi yang sangat menguntungkan.

3. Karet 

Jenis komoditi yang cepat menguntungkan selanjutnya adalah karet. Komoditi yang satu ini juga cukup dibutuhkan di dunia. Karena menjadi salah satu bahan untama dalam praktek industri otomotif.

Namun sayangnya komoditi ini harganya kian memburuk. Hal ini disebabkan adanya bahan sintetis lain yang dapat menggantikan peran karet.

Namun keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu dapat di panen sepanjang waktu atau setiap saat. Anda hanya tinggal menunggu kurang lebih 3 - 4 tahun untuk mendapatkan hasilnya. Dan lebih baiknya lagi, pohon karet dapat diambil getahnya selama bertahun-tahun. Bahkan jika kualitas pohon maksimal dapat diambil getahnya hingga umur puluhan tahun.

4. Kelapa Sawit

Kelapa sawit juga termasuk ke dalam komoditi yang cepat menguntungkan. Hanya dengan waktu 3 - 4 tahun saja anda sudah dapat menikmati hasil panen dari jenis komoditi pertanian yang satu ini.

Hanya saja kendala yang harus dihadapi adalah perawatan kelapa sawit yang harus extra. Selain itu, anda membutuhkan lahan yang sangat luas jika ingin sukses di kelapa sawit ini.


5. Lada 

Lada atau merica menjadi salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan. Harganya selalu melejit. Bahkan di tahun 2016 lalu harga lada hitam mencapai Rp 150.000,- per kg di tingkat petani.

Namun untuk mendapatkan hasil tersebut tidaklah mudah. Anda harus melakukan perawatan yang cukup komplek untuk mendapatkan hasil maksimal. Serta membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu umur 5 tahun pohon lada akan mulai berbuah maksimal.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini terdapat varietas lada perdu. Yaitu lada yang memiliki keunggulan dapat di panen setiap saat.

6. Kelapa 

Mungkin tidak banyak orang yang melirik jenis komoditi satu ini. Namun jangan salah sangka, kelapa sangat menguntungkan. Karena dapat dipanen setiap bulan dan tentunya sepanjang tahun. Lebih menguntungkan lagi pohon kelapa tidak harus dilakukan perawatan yang maksimal seperti jenis komoditi lainnya.

Kendala lain mungkin masa panen yang lama. Namun anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini terdapat jenis kelapa hibrida yang dapat dipanen dalam waktu 3 - 4 tahun saja.

Jika anda masih bingung akan memilih jenis komoditi apa yang cocok. Sebaiknya sesuaikan terhadap lahan yang anda miliki. Dan juga tujuan anda berinvestasi ke dalam tanaman komoditi di atas.

Atau jika anda hanya berniat untuk bisnis jual beli komoditi. Tentu tidak harus mencari jenis komoditi yang cepat menguntungkan. Tapi cari jenis komoditi yang banyak dibutuhkan.

Saran kami apabila anda adalah seorang pegawai tetap. Lebih baik memilih komoditi kelapa dibandingkan yang lain. Karena minim perawatan dan juga dapat di panen setiap saat.

Atau jika anda adalah petani, lebih baik untuk menanam tanaman yang cocok di lahan anda. Jika lahan yang anda miliki mempunyai unsur hara yang mempuni. Lebih baik untuk menanam tembakau atau pohon karet. Namun pohon kelapa juga bisa menjadi alternatif yang cukup baik.