Lebih Untung Budidaya Lele Atau Budidaya Gurame ?


Lebih Untung Budidaya Lele Atau Budidaya Gurame ?

Lebih untung budidaya lele atau gurame ??
Pertanyaan ini seringkali muncul pada benak pembudidaya ikan air tawar. Memang kedua jenis ikan ini sangat di gemari oleh masyarakat.

Kedua ikan ini sudah sangat familiar, sehingga banyak sekali pembudidaya ikan yang mencoba untuk membudidakan ikan gurame maupun ikan lele.

Namun dalam menentukan pilhan untuk membudidayakan ikan gurame atau ikan lele tentu harus dilakukan analisa terlebih dahulu. Lebih untung yang mana ??
Lebih untung budidaya lele atau gurame ??

Sehingga pemilihan yang kita lakukan dari kedua pilhan tersebut dapat lebih tepat dan memberikan keuntungan yang maksimal.

Sebagai referensi, berikut ini ulasan mengenai keduanya :

1. Budidaya Lele 

Budidaya Lele Bioflok 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa usaha budidaya lele sangat cepat memberikan keuntungan. Karena masa panen ikan lele sangat singkat.

Tetapi perlu diwaspadai bahwa ikan lele merupakan ikan yang kanibal. Banyak sekali pembudidaya lele yang gagal akibat sifat buruk lele yang satu ini. Namun secara keseluruhan usaha budidaya lele ini menguntungkan. Terlebih jika menggunakan teknik yang benar dan insentif.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan budidaya ikan lele.

Kelebihan budidaya Ikan Lele
  • Cepat panen, kurang lebih 4 bulan
  • Proses pemasaran cepat
  • Harga bibit murah 
  • Sudah banyak teknik budidaya yang mulai dikembangkan
  • Tahan terhadap kondisi air yang buruk

Kelemahan budidaya ikan lele
  • Sifat kanibal yang tinggi 
  • Pertumbuhan sering tidak serentak 
  • Harga pakan mahal 

2. Budidaya Ikan Gurame 

Penyakit Ikan Gurame

Tidak hanya budidaya lele yang menguntungkan. Budidaya ikan gurame pun juga tak kalah menguntungkan. Faktor utamanya adalah harga jual ikan gurame yang sangat mahal.

Ikan gurame juga sangat digemari oleh masyarakat. Selain itu, banyak juga masyarakat yang menggunakan ikan gurame sebagai menu utama untuk acara hajatan atau acara-acara keluarga.

Sayangnya ada beberapa kendala yang membuat budidaya gurame ini sangat jarang dilirik. Meskipun harga jualnya sangat menggiurkan.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan budidaya ikan gurame.

Kelebihan Budidaya Ikan Gurame
  • Harga jual sangat mahal 
  • Pakan sangat murah 
  • Banyaknya pilihan pakan alternatif 

Kelemahan ikan gurame
  • Pertumbuhan sangat lama 
  • Mudah terserang penyakit
  • Pemasaran cukup sulit 
Sebenarnya diantara kedua jenis ikan tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tetapi jika anda seorang pembudidaya yang tujuannya profitabel, tentu saja akan  memilih jenis budidaya yang paling menguntungkan. Dan apabila memungkinkan tentu saja menginginkan profit yang secepat mungkin.

Atas dasar itu masih banyak pembudidaya yang ragu untuk memilih budidaya ikan gurame atau lele. Terutama mereka yang masih bingung karena antara ikan lele atau ikan gurame memiliki kelebihan masing-masing.

Sebagai saran, apabila lahan yang kita miliki tidak terlalu luas. Sebaiknya memilih jenis budidaya ikan lele dengan dikombinasikan teknologi bioflok. Tetapi jika lahan kita luas, budidaya ikan gurame juga sangat baik.

Untuk porsi lebih menguntungkan budidaya ikan lele atau ikan gurame. Tentu saja akan lebih menguntungkan budidaya lele. Terlebih pemasaran ikan lele juga lebih mudah dibandingjan dengan pemasaran ikan gurame.

Itulah ulasan dan tips mengenai lebih untung budidaya ikan lele atau ikan gurame. Semoga dapat membantu mencari solusi dari masalah yang sedang anda hadapi.