Pengertian Dan Keunggulan Rockwool Sebagai Media Tanam Hidroponik Serta Keuntungannya

Pengertian Dan Keunggulan Rockwool

Memilih rockwool untuk media tanam hidroponik sebenarnya sangat efektif. Karena rockwool sendiri memiliki kelebihan dari berbagai aspek yang dibutuhkan oleh tanaman. Dari kelebihan atau keunggulan rockwool inilah yang membuat banya perusahaan pertanian di beberapa negara memilih rockwool sebagai media tanam.

Apa sih rockwool itu ?

Mungkin ada beberapa orang yang masih pemula atau baru akan terjun di dunia hidroponik dan baru saja mengenal rockwool. Tentu saja mereka akan bingung apa itu rockwool dan fungsinya.

Sedikit ulasan, rockwool adalah salah satu media tanam anorganik yang berbentuk menyerupai busa dan berserabut halus serta memiliki bobot yang sangat ringan. Rockwool ini terbuat dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga meleleh kemudian mencair dan terbentuklah rockwool.

Fungsi rockwool sendiri merupakan sebagai media tanam untuk hidroponik. Biasanya digunakan pada tahap penyemaian bibit. Rockwool ini juga mampu menahan air lebih banyak dibandingakan tanah atau arang sekam yang biasa digunakan sebagai media penyemaian.

Banyak yang mengatakan bahwa rockwool cukup efektif untuk digunakan sebagai media tanam hidroponik. Alasannya karena lebih steril dan juga dapat mampu menahan air dengan volume yang lebih besar dari jenis media tanam lainnya.
Berikut ini keunggulan rockwool.sebagai media tanam hidroponik :

1. Keunggulan Rockwool Untuk Menahan Air 

Salah satu kelebihan rockwool yaitu dapat menahan air lebih baik dari beberapa media tanam lainnya. Rockwool dapat menyimpan air 14 kali lebih banyak dibandingkan dengan tanah.

Dengan kelebihan tersebut rockwool sering digunakan sebagai media tanam hidroponik. Dan merupakan jenis media tanam yang sangat cocok dan dianjurkan apabila anda akan bertanam menggunakan sistem hidroponik.

2. Keunggulan Rockwol Lebih Steril 

Salah satu kelebihan rockwool yang membuatnya layak digunakan untuk media tanam hidroponik yaitu lebih steril dibandingkan dengan jenis media tanam lainnya.

Rockwool diproduksi oleh pabrik atau industri. Sehingga sangat tidak mungkin produsen rockwool tidak melakukan sterilisasi terlebih dahulu dari bakteri dan mikroorganisme yang membahayakan bagi tanaman. Oleh karena itu pada saat penggunaan rockwool, kita tidak perlu lagi melakukan proses sterilisasi.


3. Keunggulan Rockwool Terhadap Tingkat Aerasi 

Semua tanaman tentu membutuhkan oksigen untuk membantunya dalam proses pertumbuhan. Mungkin beberapa diantara kita belum mengetahui bahwa tanaman membutuhkan oksigen.

Salah satu bagian tanaman yang membutuhkan oksigen yaitu akar. Dengan menggunakan rockwool, pori-pori seratnya akan menyimpan oksigen dan memberikan aerasi yang sangat baik untuk akar tanaman. Oleh karena itu banyak petani hidroponik yang memilih rockwool sebagai media tanam dibandingkan dengan media lainnya seperti tanah dan arang sekam.

4. Keunggulan Rockwool Yang Mudah Di Sesuaikan

Kelebihan rockwool yang selanjutnya yaitu mudah untuk disesuaikan.
Apabila anda akan menggunakan rockwool dengan ukuran tertentu, tinggal memotong saja sesuai kebutuhan. Karena rockwool ini sifatnya sangat lunak. Tetapi harus berhati-hati pada saat melakukan proses pemotongan rockwool. Karena debu rockwool sangat berbahaya bagi kesehatan.

5. Keunggulan Rockwool Mampu Mengoptimalkan Peran Pupuk 

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa rockwool memiliki kemampuan menyerap air 14 kali lebih baik dari tanah. Dengan kelebihan rockwool yang satu ini tentu saja akan sangat membantu pada saat petani menggunakan pupuk cair yang dilarutkan dengan air mengalir.

Kita tahu bahwa sistem hidroponik menggunakan sistem kapilaris dari akar tanaman yang menyerap nutrisi untuk mencukupi kebutuhan tanaman tersebut. Tentu akan lebih optimal apabila menggunakan rockwool untuk membantu akar dalam menyerap nutrisi yang telah kita berikan.

6. Keunggulan Rockwool Sebagai Penyangga Tanaman 

Untuk sistem hidroponik, penggunan rockwool sangat tepat untuk menyangga tanaman. Serat-serat yang dimiliki oleh rockwool sangat mudah ditembus oleh akar-akar tanaman. Sehingga akar tanaman akan memiliki penyangga yang cukup kuat.

Jika anda menggunakan rockwool sebagai media tanam hidroponik, tentu saja akan mendapatkan beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan media tanam lainnya. Yaitu lebih praktis, lebih steril dan tentu saja tanaman akan cepat besar karena penyerapan nutrisi akan lebih baik bila menggunakan rockwool sebagai media tanam.

Meskipun harganya yang cukup mahal, tetapi untuk skala produksi harga rockwool masih sangat menguntungkan.