Ukuran Rockwool Serta Cara Pemotongan Yang Baik Untuk Sistem Hidroponik

Cara Pemotongan Yang Baik Untuk Sistem Hidroponik

Rockwool menjadi salah satu bagian penting untuk mengembangkan usaha hidroponik. Banyak perusahaan besar yang memilih menggunakan rockwool untuk media tanam.

Biasanya rockwool digunakan untuk media penyemaian bibit. Atau digunakan sebagai media tanam untuk bibit tanaman hidroponik.

Mengapa banyak yang menggunakan rockwool ?

Rockwool diklaim lebih praktis dibandingkan menggunakan tray semai. Terlebih jika dibandingkan dengan tanah atau sekam bakar. Selain itu, apabila menyiapkan bibit dengan media rockwool tentu saja akan lebih bersih dan mudah dalam perawatannya.

Ukuran rockwool yang biasa dijual pada toko pertanian yaitu disebut dalam satu slab. Dengan ukuran per slab yaitu 100 x 15 x 7,5 cm.
Dengan harga yang biasa dipatok berkisar antara 50 ribu hingga 77 ribu saja. Namun anda akan mendapatkan harga yang lebih murah bila membeli rockwool satu pack yang berisi 16 slab.

Dalam penggunaan pada sistem hidroponik, rockwool harus dipotong dadu terlebih dahulu dengan ukuran 2,5 cm. Ini adalah ukuran ideal rockwool untuk media tanam hidroponik.

Bagaimana cara memotong rockwool yang benar ?
Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda terapkan :
  1. Lihat semua sisi pada rockwool. 
  2. Pada sisi tersebut akan terdapat salah satu sisi rockwool yang memiliki pola dan alur.
  3. Setelah itu, potong rockwool dengan membuat 4 garis memanjang pada bagian rockwool yang memiliki pola dan alur. 
  4. Setelah anda potong dengan cara diatas, lebar rockwool akan menjadi sama. Yaitu dengan ketebalan sekitar 1,5 cm
  5. Setelah itu potong rockwool pelan-pelan dengan ukuran panjang dan lebar sama. Yaitu 2,5 x 2,5 x 1,5 cm. 
  6. Gunakan gergaji besi yang cukup tajam untuk memotong rockwool agar debu dari rockwool tersebut tidak kemana-mana. 
  7. Rockwool siap digunakan.



Cara menggunakan rockwool.sebagai media tanam sangatlah mudah. Susun rockwool pada tray semai dari nampan. Setelah itu basahi dengan air bersih tanpa nutrisi. Lalu buat lubang tanam menggunakan ujung pena.

Biasanya para petani selada hidroponik menggunakan rockwool untuk media penyemaian. Yang diletakkan pada talang berbentu huruf "U". Tetapi untuk skala rumahan anda bisa menggunakan nampan agar lebih ekonomis.

Itulah ulasan singkat tentang ukuran dan cara pemotongan rockwool untuk media hidroponik.

Jika anda masih ragu untuk menggunakan rockwool. Sebaiknya membeli rockwool yang sudah di potong dadu untuk ujicoba dan sebagai perbandingan antara rockwool dengan media tanah atau sekam bakar.