Cara Mudah Merawat Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Dan Tidak Mudah Mati

Merawat Ikan Mas Koki

Cara merawat ikan mas koki tentu sangat dibutuhkan agar ikan mas koki yang sedang kita pelihara selalu dalam keadaan sehat. Meskipun kita memelihara ikan mas koki tersebut didalam akuarium, tetap saja kita harus mengetahui cara merawat ikan mas koki yang benar.

Ikan mas koki ini sendiri termasuk kedalam ikan hias air tawar yang memiliki perawatan cukup sulit. Jadi untuk mendapatkan ikan mas koki yang sehat dan cepat besar tentu kita harus melakukan perawatan yang intensif. Mungkin cara merawat ikan mas koki bagi setiap orang berbeda-beda. Tetapi tetap saja bahwwa tujuan utama dalam melakukan perawatan ikan mas koki ini bertujuan untuk menjaga ikan mas koki agar tetap sehat. Terlebih jika anda adalah penghobi kontes kencantikan ikan mas koki. Tentu saja perawatan ikan mas koki ini sangat penting buat anda.

Apa saja sih yang haru dilakukan untuk merawat ikan mas koki ?
Dan bagaimana cara merawat ikan mas koki yang benar agar cepat besar dan sehat ?

Semua jawaban dari pertanyaan diatas akan kita bahas pada artikel kali ini.
Berikut ini cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan sehat serta tidak mudah mati.

1. Menjaga Kualitas Air

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika merawat ikan mas koki tentu saja menjaga kualitas air pada kolam atau akuarium ikan mas koki itu sendiri. Menjaga kualitas air ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ikan mas koki yang sedang anda pelihara. Karena ikan mas koki merupakan jenis ikan yang sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan.

Perubahan kadar oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan mas koki tentu saja akan berdampak buruk pada ikan mas koki itu sendiri. Ikan koki yang mengalami hal tersebut biasanya akan menjadi stress dan tidak memiliki nafsu makan. Hingga akhirnya ikan tersebut lemas dan mati. Tentu kita tidak ingin bukan melihat ikan mas koki kesayangan kita mati begitu saja. Dan juga kejadian ini tentu saja tidak baik bagi pembudiaya ikan mas koki.

Oleh karena itu perawatan ikan mas koki terutama dalam menjaga kualitas air pada kolam atau akuarium ini sangat penting sekali untuk di lakukan. Seperti memastikan kualitas air ada pada kondisi terbaik secara rutin, sering mengganti air secara rutin. Tetapi jangan salah, bahwa menguras air pada akuarium atau air kolam yang berlebihan justru akan berdampak buruk pada ikan mas koki anda. Karena penggantian air yang berlebihan akan membuat ikan mas koki menjadi lebih mudah stress.

Cara terbaik yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara menginstall aerator untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut pada air kolam atau pada air akuarium. Selain itu sangat disarankan untuk menggunakan biofilter yang berfungsi sebagai penghisap amoniak yang berpotensi dapat meracuni ikan mas koki yang sedang kita pelihara. Selain itu jangan terlalu berlebihan dalam pemberian pakan. Karena sisa pakan yang menumpuk pada dasar kolam atau akuarium juga akan sangat mempengaruhi tingkat kualitas air dan juga kandungan oksigen terlarut yang tersedia dalam air yang di gunakan untuk memelihara ikan mas koki.

Perlu juga di perhatikan dalam penggunaan air untuk memelihara ikan mas koki. Usahakan endapkan terlebih dahulu air yang akan digunkan selama semalaman. Atau jika menghendaki untuk langsung digunakan, sebaiknya tambahkan terlebih dahulu antiklorin. Usahakan PH air juga ideal, yaitu pada rentang 7. hingga 8.0 dan suhu yang air yang digunakan sebaiknya antara 20 - 25 derajat celcius.

2. Ukuran Media 

Jika kita memelihara ikan mas koki menggunakan kolam, mungkin ukuran ini tidak begitu berpengaruh. Karena ketika kita memelihara ikan mas koki menggunakan kolam tentu saja yang menjadi patokan yaitu padat tebar ikan mas koki itu sendiri. Yang idealnya yaitu sekitar 6 - 9 ekor ikan mas koki dewasa per meter persegi.
Jika anda menggunakan akuarium untuk media pemeliharaan ikan mas koki. Yang menjadi patokan yaitu volume air yang dibutuhkan oleh ikan mas koki dewasa. Volume minimal satu ekor ikan mas koki dewasa membutuhkan minimal sebanyak 38 liter volume air. Sedangkan volume ideal yang diperlukan oleh ikan mas koki yaitu sebanyak 56 liter.

Ukuran media ini juga sangat penting untuk keberlangsungan hidup ikan mas koki. Dan ini merupakan salah satu bagian dari cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati.


3. Kualitas Pakan

Kualitas pakaan yang kita berikan untuk ikan mas koki juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan koki itu sendiri. Agar ikan mas koki cepat besar tentu membutuhkan kualitas pakan yang maksimal. Pakan tersebut harus mengandung gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan atau pertumbuhan ikan mas koki itu sendiri. Seperti Karbohidrat, Lemak, Kalori dan Protein.

Sebenarnya pakan ini tidak hanta berpengaruh pada pertumbuhan ikan mas koki saja. Melainkan juga dapat mempengaruhi corak atau warna tubuh yang dimiliki oleh ikan mas koki itu sendiri.
Sebaiknya dalam memilih pakan anda memperhatikan semua aspek termasuk kebutuhan gizi dan juga kualitas pakan itu senidir. Terlebih jika anda menggunakan pakan alternatif dari alam.
Khusus untuk memelihara ikan mas koki di akuarium ada beberapa tambahan yang memang harus anda siapkan agar ikan mas koki cepat besar dan sehat serta tidak mudah mengalami stress.  Meskipun secara umum merawat ikan mas koki di akuarium hampir sama dengan cara merawat ikan mas koki di kolam pembesaran. Tetapi tidak ada salahnya anda untuk melakukan oerawtan yang intensif demi kelangsungan hidup ikan mas koki itu sendiri.
Cara merawat ikan ms koki di akuarium diantarnaya sebagai berikut :

1. Pemberian Lampu Pijar 

Lampu pijar ini sebenarnya tidak memberikan dampak yang membuat ikan mas koki dapat cepat besar ataupun menjadi lebih sehat. Justru dalam penambahan atau pemberian lampu pijar yang salah pada akuarium ikan mas koki akan memberikan dampak yang buruk.

Jika anda berniat memasang lampu pijar pada akuarium, usahakan untuk menggunakan lampu pijar yang redup saja. Selain itu hindari penggunaan lampu pijar dengan warna putih atau terang untuk menghindari panas berlebihan yang dihasilkan oleh lampu pijar itu sendiri.

2. Pemberian Aksesoris 

Aksesoris yang ada di akuarium bisanya berupa terumbu karang. Padahal sejatinya terumbu karang tidak baik untuk ikan mas koki itu sendiri. Meskipun memiliki warna yang cantik dan dapat mempercantik akuarium, terumbu karang sebenarnya memiliki kandungan zat yang dapat membuat air dalam akuarium tersebut menjadi asam. Tentu saja hal ini tidak baik untuk ikan mas koki itu sendiri.

Jika anda menginginkan adanya aksesoris untuk mempercantik akuarium yang anda miliki. Sebaiknya gunakan saja kerikil sebagai pengganti terumbu karang. Karena kerikil ini tidak memiliki sifat seperti terumbu karang yang dapat membuat air dalam akuarium menjadi asam. Memang tidak dapat secantik terumbu karang. Tetapi anda bisa menggunkan kreativitas yang anda miliki untuk membuat akuarium menjadi lebih cantik meskipun hanya mengunakan kerikil saja.


3. Tambahkan Aerator Dan Filter 

Aerator sangat penting untuk ikan mas koki yang dipelihara didalam akuarium. Karena dengan aerator ini kandungan oksigen terlarut dalam akuarium akan tetap terjaga. Sebenarnya ada cara untuk merawat ikan mas koki di akuarium tanpa harus menggunakan aerator. Yaitu dengan cara melakukan pergantian air dalam akuarium secara rutin.

Tetapi cara ini bukanlah pilihan yang tepat, karena sering melakukan pergantian air diakuarium justru akan membuat ikan mas koki akan lebih mudah stress. Yang dikhawatirkan apabila ikan mas koki menjadi stress tentu saja tidak memiliki nafsu makan yang baik dan akhirnya ikan tersebut akan mati.

Selain aerator ada juga bagian penting yang harus ditambahkan dalam akuarium untuk menjaga kualitas air dalam akuarium. Yaitu penambahan filter air dalam akuarium. Filter ini sangat penting untuk ikan mas koki. Karena fungsi filter air ini untuk menyaring kotoran atau sisa makanan ikan yang dapat berubah menjadi racun atau penyakit untuk ikan.

Itulah cara merawat ikan mas koki yang benar agar ikan mas koki yang anda miliki dapat tumbuh sehat dan cepat besar. Perlu di ketahui bahwa bagian yang paling penting ketika merawat ikan mas koki yaitu kualitas air. Dengan kualitas air yang baik kemungkinan besar ikan mas koki yang kita pelihara dapat tumbuh dengan sehat.