Cara Memilih Tempat Usaha Yang Baik Dan Tepat




Untuk memilih tempat usaha ada beberapa poin penting yang harus di penuhi agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Karena tempat usaha merupakan bagian yang sangat vital, sehingga tidak sembarangan untuk menentukan lokasinya.


Berikut cara untuk menentukan lokasi usaha yang tepat :

Pada dasaranya dalam pemilihannya ada 3 poin yang mempengaruhi baik atau tidaknya tempat tersebut.


1. Ketersidaan bahan baku

Bahan baku merupakan sumber daya yang sangat penting untuk memulai sebuah usaha. Dimana dengan sumber bahan baku yang melimpah, maka usaha akan berjalan dengan lancar.

Sehingga untuk membangun sebuah usaha. Khususnya usaha yang memproduksi suatu barang, maka bahan baku harus selalu tersedia. Jangan sampai usaha macet hanya karena kehabisan bahan baku.



2. Keamanan lokasi

Keamanan lokasi sangat perlu. Karena dengan kondisi yang tidak kondusif, tentu proses produksi yang berjalan di tempat usaha atau perusahaan akan tersendat. Dan akhirnya merugi karena harus membayar sejumlah karyawan tetap.

Apalagi jika harus membayar sana-sini demi keamanan tempat produksi. Maka bisa dipastikan costnya atau biaya yang harus dikeluarkan akan sangat tinggi. Untuk itu, keamanan ini adalah poin yang juga sangat penting.



3. Dekat dengan target market

Misal, saya membuat keripik di Lampung. Tapi target market saya di Aceh, tentu yang terjadi keripik tidak akan laku terjual.
Karena biaya untuk pengiriman jelas lebih mahal dan harga keripik yang semula Rp 10.000 menjadi Rp 50.000

Tentukan target market terlebih dahulu sebelum menentukan lokasi yang akan di bangun sebuah tempat produksi. Sehingga akan menekan biaya pengiriman barang.




Tempat usaha yang nyaman dan rapi



Tips diatas adalah untuk sebuah bentuk usaha yang memproduksi suatu barang. Jika akan membuka sebuah usaha kecil-kecilan seperti toko atau warung makan. Maka tipsnya lebih detail lagi.


Berikut tips untuk memilih tempat usaha yang baik :


● Tempat Ramai

Untuk memulai sebuah usaha, baik itu ruko, rental ps maupun rumah makan. Kondisi sekitar yang rame adalah syarat yang wajib.
Dimana ketika suatu lokasi kondisinya sangat ramai. Maka akan sangat besar kemungkinan produk yang dijual akan laku keras.


● Terjangkau

Ketika akan membuka sebuah warung atau toko. Pilihan terbaik memang memilih kondisi yang bernilai ekonomi. Artinya besar kemungkinan untuk dikunjungi orang.

Sementara tempat seperti itu biasanya tidak semua orang memilikinya. Sehingga harus menyewa sebuah ruko atau tempat-tempat tertentu yang ramai pengunjung.

Jika sudah sewa-menyewa, tentu harus memiliki modal lebih. Untuk itu, usahakan untuk memilih tempat yang terjangkau. Jangan sampai modal habis hanya untuk menyewa ruko yang ramai.
Sehingga yang terjadi, mempunyai ruko di tempat yang rame namun tidak memiliki produk yang lengkap untuk di jual.



● Tempat Rapi Dan Memadai

Jika memilih sebuah tempat untuk membuka usaha, terutama bergerak dalam bidang kuliner. Usahakan tempat tersebut rapi dan memadai. Karena dalam sebuah usaha, tempat adalah yang pertama dilihat oleh calon konsumen.
Untuk itu jagalah face usaha anda agar calon pelanggan yakin untuk mengunjungi usaha yang anda bangun.

Seberapa besar pengaruh tempat yang rapi dan memadai ?

Contoh :
"Ada tukang bakso A dan tukang bakso B. Keduanya sama-sama menjual bakso dan ngetem tidak berjauhan.
Namun tukang bakso A mempunyai fasilitas kipas angin. Sedangkan tukang bakso B tidak mempunyai fasilitas tersebut.
Tentu anda akan memilih untuk membeli bakso di tempat A".

Seperti itulah kurang lebih pengaruhnya. Jadi tempat yang nyaman itu sangat perlu.
Rapi dan memadai, maka usaha akan terlihat lebih profesional.

Itulah garis besar untuk memilih tempat usaha yang baik. Silahkan sesuaikan dengan keadaan tempat anda dan jenis usaha yang akan di tekuni.
Karena pada prinsipnya kebutuhan usaha satu dengan usaha yang lain berbeda-beda.