Lakukan Cara Ini Agar Online Shop Anda Banyak Pembeli



Berjualan online tidaklah semudah yang dibayangkan. Bahkan banyak sekali toko online yang sangat sepi dan tidak mempunyai konsunmen.

Memang terlihat mudah, karena hanya post-post saja di medsos. Jika anda berfikir seperti itu, mulai dari sekarang ubah mindset tersebut.
Memang post di medsos mudah, tapi coba kalian amati. Apakah ada yang komentar berapa sist ?
Tentu jarang, dan inilah kelemahannya.

Ada teknik tersendiri untuk membangun sebuah toko online. Berikut caranya :

1. Anda Harus Memiliki Website

Ini hal mutlak.
Kenapa ?
Karena website ini merupakan toko anda jika dalam usaha konvensional.

Website ini bisa anda gunakan sebagai tempat memajang koleksi produk yang sedang di jual. Dan usahakan website terlihat rapi.

Bayangkan bila anda tidak memiliki website dan hanya berjualan lewat medsos. Betapa ribetnya anda jika produk yang dijual sangat banyak. Terlebih lagi para konsumen. Harus membuka 1 per satu.

Berbeda jika anda memiliki website. Konsumen akan lebih mudah dalam menemukan barang dan juga lebih mudah dalam pembelian.


2. Pilih Reseller Yang Terpercaya Dan Profesional

Untuk sebuah toko online, tentu anda harus memiliki reseller. Nah, masalahnya reseller ini tidak mudah untuk mencarinya. Karena banyak sekali reseller yang abal-abal.
Maka dari itu, carilah reseller yang fast respon. Jika 1 - 2 jam chat kamu tidak dibalas, jangan bekerja sama dengan reseller tersebut.

Selain itu, jangan hanya terpaku pada 1 reseller saja. Karena jika reseller tersebut kehabisan produk, maka andalah yang akan repot.
Jika akan mencari reseller lebih dari satu. Maka usahakan reseller baru tersebut tidak berada pada daerah yang berbeda dengan reseller sebelumnya. Agar biaya ongkos kirim tidak terpaut jauh antara 1 produk dengan produk lain.


3. Brand Sendiri

Membuat brand sendiri sangat berpengaruh terhadap penjualan anda.
Mengapa ?
Karena dengan memiliki brand sendiri anda akan terlihat lebih profesional. Sehingga calon pembeli merasa percaya kepada anda.

Tidak harus brand produk, cukup logo yang profesional sesuai dengan toko anda. Untuk memperolehnya, banyak sekali tempat yang menyediakan logo untuk bisnis online. Harganya juga tidak terlalu mahal.


4. Pemilihan Produk Yang Akan Di Jual

Pemilihan produk ini sangat penting. Seorang marketer harus pandai dan jeli dalam melihat jenis produk apa yang akan laku keras dipasaran.
Untuk tips, menurut survey yang telah kami lakukan. Biasanya produk wanita adalah produk yang paling laris. Mengingat daya beli wanita lebih tinggi dibandingkan oleh pria. Sehingga ini bisa menjadi pasar yang potensial untuk anda.


Dari 4 langkah diatas, ada satu lagi tips yang tak kalah penting untuk dilakukan oleh pemilik online shop. Yaitu tentang lamanya rentang waktu pengiriman.

  • Jika anda menggunakan sistem dropship, maka jangan pernah mengatakan waktu pengiriman yang sama dengan reseller. Karena biasanya mereka terlambat dalam proses pengiriman.
  • Misal, ada konsumen akan membeli sebuah produk dari anda. Dan menanyakan berapa hari kira-kira produk tersebut sampai. Tentu anda akan bertanya kepada reseller.
  • Jika reseller mengatakan 2 hari. Maka anda bisa mengatakannya 4 atau 5 hari.
  • Cara ini selain menjaga reputasi juga bisa membuat rasa psikologis konsumen menjadi lebih baik. Karena mereka merasa anda tepat waktu. Terlebih jika anda mengatakan produk akan sampai setelah 5 hari dan ternyata produk sampai dalam waktu 3 hari. Tentu akan lebih menyenangkan
Itulah cara yang bisa anda lakukan agar online shop memiliki banyak pembeli. Jangan lupa pilih juga produk yang sedang trend di masyarakat atau target market yang telah anda bidik.