Cara Membuka Usaha Toko Sparepart Atau Suku Cadang



Usaha membuka toko Sparepart atau suku cadang ternyata tidak begitu rumit. Karena tudak jauh beda dengan usaha membuka toko lainnya. Mungkin banyak beberapa diantara kita yang memikirkan cara membuka toko Sparepart atau suku cadang. Baik itu sparepart motor, sparepart mobil atau perlengkapan kendaraan lainnya.

Mungkin ketika anda ingin membuka toko sparepart atau suku cadang kendaraan, kendala pertama yang akan anda pikirkan adalah modal. Tentu ini akan terjadi karena sebuah usaha pasti akan memerlukan modal. Terlebih jika membuka toko.
Namun semua masalah tersebut sebenarnya dapat anda atasi apabila anda memiliki niat yang kuat dan take action.

Berikut ini tips ketika anda akan membuka toko sparepart atau suku cadang :

1. Modal

Masalah pertama yang mungkin akan anda hadapi adalah modal. Modal untuk membuka usaha toko sparepart atau suku cadang tentu tidak sedikit. Oleh karena itu anda harus memutar otak untuk mendapatkan modal tersebut. Apabila anda adalah seorang pengusaha atau wirausahawan yang memiliki modal banyak, tentu Masalah ini tidak akan berarti. Namun ketika anda adalah seorang wirausaha yang pemula dan tidak memiliki modal banyak. Hal ini akan menghambat usaha yang akan anda jalankan.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu :
Buka toko sparepart atau suku cadang dengan keluarga kerabat atau teman yang dapat dipercaya sehingga modal dapat dibagi menjadi beberapa orang yang akan meringankan beban anda
Menjual atau menggadaikan aset yang anda punya namun hal ini tidak begitu disarankan karena menjual aset bukanlah salah satu solusi yang terbaik
Meminjam kepada lembaga keuangan seperti bank ataupun koperasi namun ketika anda akan memulai usaha dengan modal pinjaman tentu harus diperhitungkan dengan matamu Jangan sampai di tengah jalan anda tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut karena pinjaman modal dari lembaga keuangan tentu akan memiliki bunga sekian persen

Perlu anda ketahui, untuk membuka toko sparepart atau suku cadang kendaraan akan membutuhkan modal sekitar 25 sampai 100 juta. Bahkan bisa lebih, tergantung kelengkapan toko sparepart suku cadang tersebut. Modal ini belum termasuk penyewaan toko.

2. Pemilihan Jenis Spare Part

Untuk membuka toko sparepart atau suku cadang, tentu anda harus menentukan apa yang menjadi produk utama yang akan anda pasarkan. Karena jika anda tidak memiliki modal yang besar, tentu tidak semua sparepart atau suku cadang kendaraan dapat anda jual. Hal ini mungkin tidak berpengaruh ketika anda memiliki modal yang besar.
Namun kali ini kita akan membahas Jika anda bukanlah seorang pengusaha yang memiliki modal besar.

Langkah yang harus anda lakukan adalah :
Pilih salah satu sparepart yang sering dibutuhkan oleh masyarakat hal ini bisa anda lihat melalui lokasi toko yang sedang anda kelola pahami Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar toko anda
Pilih salah satu jenis sparepart apabila anda tidak memiliki modal yang besar contoh Anda bisa menjual suku cadang jenis bahan sehingga ketika ada konsumen yang akan mencari bahan maka akan langsung ke toko anda
Hindari jenis spare part yang dibutuhkan oleh kendaraan bermerek apabila anda berjualan di daerah pedesaan namun tidak ada salahnya menjual spare part kendaraan bermerek apabila anda memiliki modal yang lebih


3. Pemilihan Lokasi

Lokasi yang terbaik tentu saja adalah lokasi yang berada di tempat strategis. Misal di pasar atau ditempat keramaian. Namun hal ini tidak perlu anda lakukan apabila modal untuk menyewa lokasi tersebut sangat mahal. Lebih baik anda gunakan modal tersebut untuk melengkapi produk sparepart yang akan ada jual di toko.

Lokasi yang paling baik tentu di sekitar pasar, karena akan banyak orang yang mencari keperluan ke pasar. Namun setidaknya apabila anda tidak dapat menyewa lokasi tersebut, anda dapat membuka toko di pinggir jalan yang cukup ramai. Yang terpenting adalah kelengkapan produk di toko anda karena hal ini lebih efektif untuk menarik konsumen.


4. Mencari Seller Atau Supplier

Hal ini juga sangat penting untuk mengembangkan toko sparepart yang sedang anda kelola. Sebaiknya anda mencari suplier atau agen sparepart dari perusahaan penjualan sparepart untuk menyuplai produk di toko yang sedang anda kelola. Sehingga anda tidak perlu belanja dan tidak perlu memikirkan produk baru yang sedang trend di kalangan masyarakat.

Seorang supplier akan mengetahui produk apakah yang paling banyak dicari oleh konsumen. Sehingga anda akan lebih terbantu dengan hal tersebut. Namun apabila anda tidak mendapatkan supplier atau agen sparepart, sebaiknya cari toko grosir tangan pertama. Sehingga akan mendapatkan harga yang cukup murah dan bersaing dengan toko lain.


5. Promosi

Bagian terakhir yang paling penting yaitu mengenalkan toko kepada calon konsumen. Terutama kepada anak muda.

Mengapa harus anak muda?

Anak muda dipilih karena mereka sering membeli sparepart motor atau kendaraan lain meskipun tidak begitu dibutuhkan. Hal ini didasari atas hobi modifikasi yang mereka miliki.

Cara promosi yang terbaik untuk usaha toko Sparepart atau suku cadang adalah mengadakan lomba kontest modifikasi. Baik itu kendaraan roda 2 maupun roda 4. Tergantung jenis produk yang dijual di toko anda.

Selain 5 langkah diatas, bagian penting yang harus dilakukan adalah mennyediakan suku cadang selengkap mungkin. Karena hal ini akan mempengaruhi minat pembeli.
Untuk menentukan harga jual, silahkan amati harga dari toko lain sebagai pesaing. Lakukan riset terlebih dahulu. Setelah itu tentukan, apakah akan menetapkan harga yang lebih murah atau sama dengan toko pesain.