Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga 

Mencoba memulai atau membangun sebuah bisnis tidak pernah pandang bulu. Semua orang baik itu golongan, ras, suku serta adat dan budaya memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan atau membangun sebuah bisnis. Tua, muda, laki-laki, perempuan semuanya memiliki peluang yang sama untuk meraih kesuksesan.

Begitu pula dengan ibu rumah tangga. Di jaman milenial ini ibu rumah tangga tidak melulu memasak dan mengurusi pekerjaan rumah. Tetapi juga bisa mencoba memulai sebuah bisnis baik itu sampingan atau memang sebagai prioritas utama.

Mungkin pemikiran diatas sama dengan yang sedang anda pikirkan saat ini. Jika memang iya, maka beruntunglah suami anda yang mendapatkan wanita memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi.

Atau mungkin anda memiliki pemikiran yang sama. Tetapi masih bingung mau mencoba bisnis apa. Jangan khawatir, berikut ini uraian yang mungkin dapat menginspirasi anda dalam mencari bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Berikut uraian lengkapnya !

Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Loundry 

Bisnis ini sangat mudah dan tentu saja semua ibu rumah tangga dapat melakukannya. Siapa sih ibu rumah tangga yang tidak pernah mencuci dan nyetrika baju ?
Tentu semua pernah melakukannya bukan ?

Nah, bisnis ini dapat menjadi alternatif pertama. Anda sebagai ibu rumah tangga dapat memulai membuka usaha loundry kecil-kecilan. Tidak perlu merekrut karyawan ataupun membuka toko. Lakukan semua dan mulai dengan yang sangat sederhana terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat usaha. Anda bisa melakukan pekerjaan sendiri sebelum banyak pesanan atau pelanggan yang datang.

Mungkin yang menjadi kendala adalah cara mendapatkan pelanggan pertama. Sebenarnya cukup mudah. Yang harus kita lakukan adalah promotion. Caranya bisa menggunakan brosur.
Cara ini cukup efektif apabila penyebarannya dilakukan pada calon konsumen yang tertarget. Contohnya pada kos-kosan.


2. Membuka Usaha Kuliner 

Usaha kuliner sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Sangat jarang ibu rumah tangga yang tidak bisa memasak. Hampir semua ibu rumah tangga bisa melakukan pekerjaan ini.
Membuka usaha kuliner bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu mencari masakan yang rumit. Cukup masakan sederhana seperti nasi goreng atau ayam bakar bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai membuka usaha kuliner.

Jangan berfikir bahwa kuliner tersebut sudah pasaran. Karena pasaran atau tidaknya tergantung penjual. Apabila anda kreatif dan memberikan inovasi baru, maka kuliner tersebut juga memiliki peluang untuk menjadi booming.

Mungkin kendalanya adalah tidak memiliki gerai atau tempat untuk membuka usaha kuliner. Di zaman milenial seperti ini kendala tersebut sudah tidak berlaku lagi. Karena sekarang anda bisa berjualan online. Dengan cara bergabung dengan grab food atau go-food. Bisa juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan kuliner anda.


3. Buka Warung Kelontong 

Bisnis ini juga cukup menjanjikan. Terlebih jika disekitar tempat tinggal anda tidak ada warung kelontong. Tentu akan banyak pelanggan yang membeli kebutuhan rumah tangga di warung anda.

Mungkin yang menjadi kendala adalah jenis bahan pokok apa yang akan dijual. Karena sekarang banyak sekali supermarket atau minimarket bertebaran. Terlebih jika rumah anda berada di perumahan. Tentu hal ini akan semakin menyulitkan.

Yang perlu di cermati yaitu salah satu benda yang sering dibutuhkan tetapi jarang ditemukan di minimarket. Apa itu ?

Sayuran segar.
Anda bisa menjual sayuran segar di toko kelontong. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa menjual sayuran bukanlah bisnis yang menguntungkan. Padahal semua itu salah.

Sayuran menjadi salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga. Tentu setiap ibu rumah tangga hampir setiap hari memasak sayuran dengan disertai lauk. Rutinitas inilah yang bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Selain itu, beberapa produk juga sebaiknya anda siapkan di toko kelontong. Seperti rokok, gula, dan obat-obatan ringan. Tetangga sekitar rumah anda tidak akan pergi jauh-jauh hanya karena kehabisan rokok pada malam hari. Dibandingkan dengan pergi ke minimarket, tentu saja mereka akan lebih memilih pergi ke warung anda yang lebih dekat.


4. Bisnis Katering 

Bisnis katering juga menjadi salah satu pilihan terbaik pada jenis bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Bisnis ini hampir sama dengan bisnis kuliner. Bedanya bisnis katering lebih menguntungkan dan sedikit terhindar dari resiko kerugian. Karena bisnis ini menganut sistem pre order. Sehingga kita akan memproduksi apabila terdapat pesanan.

Bisnis ini cukup menjanjikan. Anda bisa menwarkan katering di kantor-kantor terderkat, Instansi Pemerintah, Hotel, Tempat Sewa Gedung dan lain sebagainya. Saran dari kami pilihlah jenis masakan yang berbeda dan inovatif. Biasanya masakan kampung atau desa akan lebih di sukai oleh masyarakat dibandingkan dengan masakan yang itu-itu saja.


5. Day Care 

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang juga merangkap menjadi wanita karir. Banyak sekali ibu rumah tangga yang juga bekerja di kantor atau pada perusahaan. Tentu mereka tidak memiliki waktu banyak untuk mengasuh dan menjaga buah hatinya.

Kejadian itu bisa anda manfaatkan untuk membuka bisnis jasa penitipan anak. Bisnis ini sangat menguntungkan meskipun resikonya juga cukup besar. Tetapi jangan dilihat resikonya saja, lihatlah peluangnya. Banyak ibu rumah tangga yang bekerja dan memilih untuk menitipkan anaknya pada jasa penitpan anak dibandingkan dengan mencari pembantu. Alasannya tentu saja karena biayanya yang lebih murah dan terjangkau.


6. Membuka Bisnis Bimbel 

Usaha ini mungkin sangat sulit untuk di kembangkan. Karena banyak sekali lulusan sarjana yang juga membuka bisnis satu ini. Sebenarnya ada cara yang paling ampuh untuk bersaing dengan para lulusan sarjana tersebut.

Caranya yaitu dengan menggabungkan bisnis Day Care atau jasa penitipan anak dengan bisnis bimbel. Sehingga anak yang dititipkan pada anda tidak hanya bermain. Tetapi juga sambil belajar.

Tentu orang tua akan lebih memilih menggunakan jasa anda dibandingkan dengan jasa bimbel yang diluar. Selain itu, jasa penitipan anak yang anda kelola juga akan lebih dipilih karena anda menawarkan bimbingan belajar yang tidak ada pada jasa penitipan anak lainnya.


7. Bisnis Online 

Dengan kesibukan menjadi ibu rumah tangga sebenarnya tidak mengganggu atau menurunkan niat membuka usaha. Bisnis online bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena anda sebagai ibu rumah tangga tidak perlu keluar rumah untuk menjalankan bisnis ini. Tentu dengan keadaan ini anda masih bisa mengawasi anak dan menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga sekaligus mencari tambahan penghasilan.

Dalam bisnis online ini anda bisa menerapkan sistem dropship atau reseller. Bisa juga membuka toko di sebuah market place seperti Bukalapak, Lazada ataupun Tokopedia.

Itulah beberapa bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Dengan kesibukan yang dijalaninya sebenarnya tidak menutup kemungkinan para ibu rumah tangga untuk membuka usaha sendiri atau usaha sampingan di rumah. Karena banyak sekali ibu rumah tangga yang sukses karena hanya iseng membuka usaha kecil-kecilan dari rumah.