Jenis Kolam Yang Cocok Untuk Ikan Gurame

Jenis Kolam Yang Cocok Untuk Ikan Gurame 

Dalam usaha budidaya perikanan tentu saja akan membutuhkan kolam sebagai media pembesaran. Bentuk dan ukuran kolam setiap jenis ikan tentu saja berbeda-beda. Tergantung dengan karakteristik ikan tersebut. Baik jenis kolam, ukuran dan juga kedalaman.

Begitu pula dengan budidaya ikan gurame. Jenis kolam yang cocok untuk ikan gurame tentu saja berbeda dengan jenis kolam yang cocok untuk ikan lele. Dan semua pembudidaya harus memahami hal ini. Agar pertumbuhan ikan yang di budiayakan dapat tumbuh dengan maksimal.

Lalu, bagaiman jenis kolam yang cocok untuk ikan gurame ?

Bagi anda yang sedang membudidayakan ikan gurame baik untuk hobi maupun di peruntukan sebagai penghasilan utama atau bisnis. Berikut ini uraian lengkap terkait dengan jenis kolam yang cocok untuk ikan gurame.

1. Kontruksi Kolam 

Ada beberapa kontruksi kolam yang bisa anda pilih. Yaitu beton, terpal, kombinasi antara keduanya, dan tanah. Dari semua jenis kolam ini, semuanya cocok untuk ikan gurame.

Semua jenis kolam cocok untuk budidaya gurame. Asalkan kolam tersebut cukup luas dan mampu menampung ikan gurame dalam jumlah yang banyak. Selain itu, didalam kolam juga terdapat sumber makanan yang cukup melimpah.

Tetapi pemilihan terbaik yaitu menggunakan jenis kolam tanah. Kolam tanah merupakan jenis kolam yang cocok untuk budidaya ikan gurame. Didalam kolam tanah terdapat cadangan makanan atau sumber makanan yang sangat banyak. Sehingga sangat di rekomendasikan.

2. Lokasi Kolam 

Lokasi kolam yang cocok untuk budidaya ikan gurame yaitu daerah yang dekat dengan sumber air. Langkah ini di pilih untuk mempermudah proses pengisian air kolam.

Biasanya kolam ikan gurame banyak ditemukan di sekitar sungai dengan aliran air yang cukup bersih. Selain itu banyak juga kolam gurame yang berada di tengah sawah. Alasannya cukup jelas. Yaitu untuk mempermudah mendapatkan sumber air.

Tetapi langkah ini bisa anda atasi dengan cara membuat sumur buatan. Tentu biaya yang dihasilkan akan lebih besar dan tidak baik untuk pengadaan modal awal. Namun hanya cara ini yang bisa anda tempuh bila tetap memaksakan untuk membangun kolam disekitar rumah yang kebetulan tidak ada sumber air terdekat.

3. Luas Kolam 

Luas kolam sangat penting untuk membudidayakan ikan gurame agar cepat besar. Ikan gurame membutuhkan luas kolam yang cukup untuk menunjang pertumbuhan ikan gurame itu sendiri.
Luas kolam minimal untuk ikan gurame yaitu 50 M². Untuk ukuran panjang maupun lebarnya tidak di tentukan. Yang terpenting luas kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan gurame tidak kurang dari 50 M².

4. Kualitas Air 

Air mengalir sangat disarankan untuk budidaya ikan gurame. Karena air mengalir akan memberikan kandungan oksigen terlarut yang cukup banyak. Debit air yang ideal untuk budidaya ikan gurame yaitu 6 - 12 liter / detik. Atau sekurang-kurangnya air kolam harus memiliki debit air sebesar 3 liter / detik.

Sementara itu, suhu dan kedalam air juga sangat berpengaruh. Kedalaman bisa disesuaikan. Yang terpenting pada saat mengatur atau menetapkan kedalaman air kolam, suhu yang dihasilkan ideal untuk budidaya ikan gurame. Suhu yang ideal yaitu antara 24 - 28 derajat Celcius. Biasanya untuk mendapatkan suhu seperti ini membutuhkan kolam dengan kedalaman sekitar 70 - 100 cm. Untuk lebih tepatnya sebaiknya anda menggunakan thermometer.

5. Kandungan Oksigen Terlarut Dan PH Air

Oksigen sangat penting bagi semua makhluk hidup. Tidak terkecuali dengan ikan gurame. Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Kebutuhan oksigen terlarut bagi semua makhluk hidup tergantung pada umur dan aktivitasnya. Tetapi, jika anda akan membudidayakan ikan gurame tidak perlu memikirkan hal tersebut. Silahkan siapkan kandungan oksigen terlarut yang ideal untuk ikan gurame. Yaitu sekitar 4 - 6 mg/liter air.

Sementara untuk keasaman atau PH air yang terbaik untuk ikan gurame yaitu 6,5 - 8. PH ini juga sangat penting bagi kelangsungan hidup ikan gurame. Sehingga kita sebagai pembudidaya ikan gurame sangat disarankan untuk selalu memperhatikan PH air kolam setiap saat.

Itulah kriteria kolam yang cocok untuk ikan gurame. Jika anda menanyakan jenis kolam yang cocok umtuk budidaya ikan gurame, tentu hampir semua kolam bisa di gunakan. Yang terpenting memenuhi kriteria diatas.

Tetapi kolam yang paling cocok untuk budidaya ikan gurame yaitu kolam tanah. Tentunyan harus memiliki kualitas air yang baik dan  debit air yang ideal.