Cara Memulai Bisnis Grosir Cabai Yang Menguntungkan

Usaha Grosir Cabe

Untuk memulai bisnis grosir cabai yang menguntungkan sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Tetapi masih banyak wirausahawan yang bingung akan mulai dari mana.

Cara memulai bisnis grosir cabai umumnya tidak jauh beda dengan jenis bisnis grosir lainnya. Karena sistemnya akan sama saja. Hanya membeli dari petani atau pengepul lalu menjualnya kembali.

Mungkin yang menjadi pertanyaan umum adalah mencari pasokan cabe untuk di jual.

Bagaimana cara mencari pasokan cabe ?

Sebenarnya ada 2 cara untuk mendapatkan cabe yang bisa anda jual kembali.

1. Beli Ke Petani 

Cara yang pertama untuk mendapatkan cabe adalah langsung membeli ke tingkat petani. Tetapi langkah ini sangat sulit jika dilakukan oleh pedagang grosir pemula.
Karena pemain di tingkat ini sangat banyak.

Selain itu, jika anda hanya membutuhkan cabe hanya dengan jumlah karungan sebaiknya tunggu saja pengepul atau agen yang menjual cabe di pasaran. Biasanya di pasar induk. Bisa juga anda langsung pergi ke rumah pengepul. Tapi lebih disarankan untuk mencari agen yang menjual ke pasar. Karena tidak membutuhkan kendaraan untuk mengangkut cabe tersebut.


2. Beli Ke Pengepul 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Sebagai pedagang grosir cabe pemula sebaiknya membeli cabe di tingkat pengepul saja.

Disini anda bisa membeli dalam jumlah yang bebas. Sesuaikan dengan kebutuhan cabe yang akan anda jual. Biasanya pengepul cabe  tersebut setiap hari akan datang kepasar menjual cabe kepada pedagang grosir.

Itulah kedua cara untuk mencari pasokan cabe yang akan dijual lagi. Jika masih bingung untuk mendapatkan pasokan cabe. Bisa langsung ke wilayah sentra cabe di Indonesia.

Sentra cabe di Indonesia yaitu di Cibitung. Jika anda di sekitaran Tangerang bisa juga pergi ke Tanah Tinggi. Kedua daerah tersebut merupakan sentra cabe di Indonesia.

Sebagai tips saja buat anda yang akan mencoba usaha grosir cabe. Sebaiknya anda memperhitungkan daya tahan cabe. Biasanya cabe akan cepat busuk bila tidak dengan penangan yang tepat.

Pengiriman yang lambat juga dapat mengakibatkan cabe membusuk. Satu karung dengan tali di jahit biasanya terdapat cabe yang membusuk sekitar 3 - 5 kilogram.

Jika domisili anda jauh dari kedua lokasi diatas. Silahkan cari pengepul cabe lain yang lokasinya lebih dekat dengan domisili anda. Bisa cari di media sosial atau juga forum seperti kaskus.

Untuk masalah harga, anda tidak dapat menaikkan dan menurunkan suka-suka. Karena banyak sekali yang membuka usaha grosir cabe. Tentu saja harga jual sudah ditentukan bersama.

Yang harus di optimalkan yaitu cara mempromosikan toko grosir cabe yang sedang kita kelola.

Caranya bagaimana ?

Bisa gunakan brosur untuk memperkenalkan toko grosir cabe anda. Bagikan kepada orang yang berpotensi selalu membutuhkan cabe. Seperti restaurant atau rumah makan. Biasanya rumah makan padang yang membutuhkan cabe merah dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikan diskon kepada para restaurant tersebut. Tetapi bilang jangan sampai orang lain mengetahui terkait dengan diskon tersebut. Jika memungkinkan, gunakan delivery order.

Keuntungan menggunakan delivery order ini adalah dapat mengunci pelanggan. Sehingga pelanggan kita tidak akan pernah membeli cabe di tempat lain. Mereka tidak memiliki kesempatan karena kita telah mengantarkan cabe setiap hari.

Itulah informasi mengenai cara memulai bisnis grosir cabai yang menguntungkan. Semoga dapat membantu anda dan bermanfaat untuk semuanya.