Cara Efektif Promosi UKM Agar Untung Besar

Cara Efektif Promosi UKM Agar Untung Besar- Promosi merupan kegiatan wajib disebuah usaha atau bisnis. Sudah menjadi rahasia umum bila bisnis dengan promosi yang matang akan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dengan kata lain bisnis tersebut akan memiliki reputasi yang sangat baik dimata konsumen.



Promosi sendiri adalah mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen.
Pengertian diatas adalah konsep dasarnya. Dan biasanya dilakukan oleh pemain besar atau perusahaan-perusahaan besar.

Lalu bagaimana dengan usaha kecil menengah atau berbasis UKM?

Sangat tepat bila teman-teman berkunjung ke blog ini. Akan saya berikan trik yang paling ampuh teknik promosi untuk usaha kecil menengah atau UKM.

Perlu diketahui buat para teman-teman yang sedang merintis usaha. Bahwa promosi yang diperlukan oleh UKM itu sangat berbeda dengan perusahaan besar. Bila perusahaan besar mereka mempunyai banyak sekali opsi untuk promosi. Dari media elektronik, media cetak, intenet, bahkan sampai melakukan event-event dipelosok negeri yang tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Apakah itu tepat diterapkan di UKM?

Sangat tidak efektif dan sama sekali tidak tepat.
Kenapa?
Karena bila menggunakan cara tersebut biayanya sangat besar dan kemungkinan tidak akan menghasilkan plus profit. Kemungkinan akan menghasilkan hasil yang minus.

Sebelum lebih jauh mengenai teknik promosi yang efektif untuk UKM.
Kita kenali lebih dekat UKM itu sendiri.

Pada dasarnya UKM itu ialah sebuah bisnis namun memiliki sistem manajemen bersama. Dan teman-teman khususnya para pelaku UKM harus tahu bahwa UKM itu rentan rugi loh. Bila tidak mempunyai daya inovatif dan kreatifitas yang tinggi kemungkinan besar suatu UKM akan tenggelam oleh waktu.

Teknik promosi yang baik untuk UKM.
Yang harus dilakukan adalah:


1. Kualitas Produk

Siapa bilang UKM itu kualitasnya super. Tidak semua bisa dikatakan seperti itu. Banyak sekali UKM yang akhirnya bangkrut karena kualitas produk itu sendiri. Memang sangat benar bila pertama kali UKM berdiri pasti produk akan laku keras. Tapi ketahuilah, itu hanya diawal. Karena konsumen penasaran dengan produk anda. Setelah itu, bagaimana respon konsumen?
Itu semua tergantung kualitas UKM anda.

Kualitas itu tidak hanya melulu rasanya enak, tapi bisa dikombinasikan dengan khasiat dan manfaat tersendiri. Selain itu jangan pernah tergantung pada satu produk.
Ini makanan loh, dan lidah tidak bisa bohong soal ini. Makanan itu sangat rentan dengan kata bosan. Hati aja bisa bosan apalagi cuma makanan. Hihii

Disinilah jiwa kreatif dan inivatif UKM berperan. Harus kompetitif. Sehingga memiliki produk atau jenis jasa yang memiliki keunggulan dan tereputasi dimata konsumen.


2. Harus Melengkapi Sarat-Sarat Usaha

Yang dimaksud disini adalah sertifikat Halal khusus dari MUI, PIRT dan lain-lain. Namun saya rasa yang sangat diperlukan hanya itu kok.

Baca juga : Cara Membuat PIRT dan Sertifikat Halal

Dua hal diatas jangan diremehkan loh. Dari kedua hal tersebut bisa mendongkrak penghasilan UKM itu sendiri. Dan bisa digunakan sebagai ajang promosi.

Coba bayangkan, apakah mungkin bila memproduksi suatu makanan akan dijual disekitar tempat tinggal. Pasti tidak kan. Pastinya gak laku dong. Kan sudah pada bisa buat sendiri-sendiri.

Langkah yang positif dan perlu dicoba adalah menawarkan hasil produksi di supermarket atau pasar swalayan terdekat. Dan inilah guna dari sertifikat Halal MUI dan PIRT. Tanpa keduanya tidak mungkin produk anda bisa lolos.
Perlu diketahui juga. Bila produk anda berhasil masuk supermarket pasti harganya 2× lebih mahal. Contohnya kangkung hidroponik yang mencapai Rp 6.000 / iket. Bila dijual di pasar tradisional tidak berbeda dengan kangkung biasa. Hanya berkisar Rp 2.000 / iket saja.
Jauh sekali bukan?


3. Kemasan

Ini yang terkahir. Kenapa kok harus kemasan?
Lihat dari banyaknya bungkus makanan ringan. Apa yang menarik?
Pasti warna-warni bungkusnya yang bikin penasaran.
Kenapa kemasan harus seperti itu?
Karena bisa membuat calon konsumen penasaran dan akhirnya membeli produk tersebut.



Bagaimana bila dengan UKM?

Kemasan yang tepat untuk UKM ialah kemasan yang transparan namun rapi dan menarik.
Kenapa?
Karena UKM tentu belum memilki kredibilitas yang baik di mata konsumen. Apalagi dengan banyak-nya perusahaan yang berinovatif dan mempunyai banyak hal yang tentu bukan tandingan dari UKM itu sendiri.

Masih belum jelas?

Oke, coba tempatkan anda di kubu konsumen. Lalu ada produk baru dengan kemasan yang tak transparan. Sedang anda sudah bertahun-tahun menggunakan produk langganan.
Apakah anda langsung berpaling hati?
Tentu tidak ingin kan membeli kucing dalam karung?

Nah, itulah yang harus diperbaiki. Konsumen itu mempunyai tipe-tipe yang berbeda. Dan sangat perhitungan tentunya. Termasuk saya 😁


Selain cara diatas, ada cara yang efektif. Caranya meningkatkan kenyamanan karyawan dan kenyamanan konsumen.
Dua cara tersebut adalah tips promosi gratis yang sangat efektif.

Baca juga : Manfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Bisnis Anda


a) Kenyamanan Karyawan

Tahukah bila karyawan sangat mempengaruhi bisnis anda.
Hampir 40% bisnis itu tergantung SDM dan itu adalah karyawan.

Karyawan pun bisa dijadikan sarana promosi loh. Dan tentunya sangat efektif dan pastinya juga gratis hehee.

Berikan kepuasan pada karyawan. Karena apabila karyawan puas maka karyawan akan profesional dan tentunya bekerja dengan senang hati. Dan yang paling penting dia memberikan info ke calon konsumen pun juga dengan senang hati. Bahkan tanpa disuruh pun terkadang karyawan merekomendasikan calon konsumen untuk menggunakan produk yang mereka produksi di tempat mereka bekerja.


b) Kenyamanan Konsumen.

Pelayanan atau service juga sangat berdampak pada hasil penjualan. Tidak jauh beda dengan karyawan. Konsumen pun dapat memberikan dampak positif dibidang promosi.

Sama dengan karyawan, mereka merekomendasikan teman sesama konsumen untuk membeli produk yang barusan mereka gunakan. Walaupun hanya dari mulut kemulut namun ini lebih efektif. Rasio tingkat kesuksesan pembeli bisa mencapai 60% loh. Jadi jangan remehkan pelayanan atau service. Ingat, pembeli adalah raja dan raja pasti butuh pelayan.


Itulah beberapa tips dan trik yang bisa saya berikan. Dengan sedikit ilmu dan pengalaman apa salahnya bila kita berbagi. Share bila bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.