Cara Menemukan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Cara Menemukan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan- Dalam berbagai kasus, usaha menjadi viral dimasyarakat. Dengan sulitnya mencari pekerjaan dan tingginya tingkat kebutuhan akan hidup. Membuat semua orang bergegas mencari cara menemukan sesuatu yang bisa menghasilkan.



Dalam sebuah realita, ternyata pencari peluang usaha atau wirausahawan pemula mendapat ide dari internet. Gak salah sih, sah-sah saja. Kan kita yang mau usaha. Ide, modal, dan segala sesuatu juga semau kita dong.

Apakah itu sesuatu yang benar ?

Jawabannya ada 2.


#Benar

Kenapa kok dibilang benar ?
Internet itu luas. Banyak ilmu, banyak tips baik tips usaha, tips berjualan, tips bisnis semua ada. Saya tidak mengatakan bahwa internet itu menyesatkan dan juga tidak berkualitas.

Kalo tidak berkualitas berarti blog saya juga tidak berkualitas juga dong.

Dibalik jawaban benar itu karena mungkin saja ketika mencari ide kreatif milik orang lain di internet kebetulan pas atau mungkin se-ide dengan wirausahawan tersebut. Jadi kita tidak bisa langsung menyalahkan bila mencari info peluang usaha dari internet itu salah.



#Tidak Benar

Sebelum lebih saya kasih logika simplenya.
Kalau kita hidup dikota, lalu berternak kambing. Apakah berpotensi ?

Baca juga : Usaha Ternak Kambing Untung Besar Tidak Pernah Rugi

Pasti sudah pada tau jawabannya bukan. 😁
Nah, dari sinilah yang harus kita evaluasi. Selama ini banyak sekali para wirausahawan yang mencari ide usaha di internet tapi tidak menganalisa terlebih dahulu peluang yang terdapat di daerah tempat tinggalnya.
Inilah yang dikatakan tidak benar. jadi kesimpulannya bukan internet kan yang salah? Tapi kita yang salah.
Tapi internet juga belum tentu benar loh. Banyak sekali konten ngaco yang berkeliaran.


Lalu bagaimana cara yang terbaik ??


1. Gunakan Insting Wirausaha Yang Anda Miliki.

Saya yakin pengusaha memiliki insting yang kuat. Dan mampu menggunakan instingnya itu untuk membaca peluang.

Sayakan pemula ?

Tidak peduli seberapa pemulanya anda. Coba lihat tukang sayur. Bertanyalah dan berguru kepadanya. Jangan malu, tukang sayur pun seorang pengusaha. Dan pengusaha yang hebat karena take action.

Seorang tukang sayur pasti pernah merasakan hal seperti anda. Pernah menjadi pemula dan mencoba mencari peluang. Dengan insting wirausahanya itu, dia mampu mendapatkan peluang usaha yang pas, cocok, mmpu ia kerjakan dengan senang hati dan tentunya menghasilkan. Itulah yang harus anda lakukan. Walaupun pemula pasti memiliki insting. Cari sampai bisa menemukan instingmu.

Baca juga : Peluang Usaha Dan Bisnis Yang Punya Prospek Baik

2. Jangan Muluk-Muluk

Ini yang sering terjadi. Banyak sekali wirausaha pemula yang sibuk dengan planing, ide, rancangan keuangan, dan terkahir keuntungan.

Membicarakan keuntungan tidak salah juga. Namun juga belum sepenuhnya tepat. Memang dalam suatu bisnis atau usaha yang menjadi tujuan akhir adalah suatu keuntungan atau profit.

Take action!!Take action!!

Ini yang paling penting. Jangan melulu mencari peluang peluang peluang. Dimanapun pasti ada peluang.

Bisnis itu sederhana,
Beli 》jual 》profit.
Simple bukan. Walaupun dalam beberapa usaha/bisnis ada modifikasi didalamnya seperti produksi, marketing dan lain-lain. Namum tetap saja usaha/bisnis dalam garis besar seperti itu



3. Marketing Atau Promosi

Ini yang harus diperhatikan. Tapi sebelum memikirkan tentang pemasaran dan promosi. Yang partama mencari bahan baku atau komoditi yang akan kita explore atau kita bisniskan. Dan balik lagi, jangan muluk-muluk. Cukup dari barang yang mudah didapat dan berpotensi. Contoh alat-alat tulis. Mudah dan berpotensi bukan ?

Ketika mengambil keputusan setidaknya anda bisa memperkirakan kemana barang ini akan dijual dan akan laku dalam berapa sesi.
Tapi ingat, teori tidak sama dengan praktik dilapangan.
Tidak percaya ?
Buktikan !!

Bagaimana cara promosi yang baik?

Banyak cara, dan itu tergantung dari skill yang dimiliki.
Lebih lanjut tentang promosi bisa dibaca pada artikel berikut:

5 Cara Promosi Paling Efektif Agar Bisnis Anda Menjadi Nomor Satu

Kok saya tidak menemui modal ya?
Bukankah itu penting?

Memang penting. Tapi era modern usaha tak perlu modal.
Caranya :
Bisa ambil barang dulu lalu dijual. Setelah barang habis barulah dibayar modal yang dibutuhkan tadi.
Malu dengan cara diatas??

Langkah lain, pinjam modal ke teman sebanyak mungkin. Kalau tidak boleh pinjam saja ke bank. Kenapa repot?

Apakah itu baik?

Pilih gak ada duit gak punya utang atau banyak duit tapi punya utang?
Pikirkan sendiri.


Dari semua tips diatas bisa anda terapkan dalam pencarian ide terbaik usaha rumahan yang menguntungkan.

Jangan terburu-buru, tidak sedikit orang yang gagal dalam memulai usaha. Contohnya saya, lebih dari 5 kegagalan hingga bisa berhasil.

Apa saja sih yang membuat gagal??


a) Menyerah Sebelum Menuai Hasil

Percaya tidak percaya bisa dibuktikan. Banyak pengusaha yang gugur di fase ini. Padahal bila lanjut kemungkinan untung atau sukses sangat besar. Karena udah terlanjur nyebur selami saja. jangan menyerah. Cari sampai mendapatkan tujuan anda. Yes, profit!!


b) Terpaku Pada Profit

Sudah saya tekankan. Profit urusan kedua dalam sebuah bisnis atau usaha. Namun profit juga tidak bisa dilupakan.



Anga-angan yang tinggi itu hanya akan membuat kita cepat lelah. Jangan sering-sering menghitung profit. Namun telitilah dan lihat kekurangan usaha atau bisnismu hari ini. Dan mulailah memperbaiki untuk hari ini juga.
Dan ingat, praktek tak semudah teori!!


b) Tidak Meluangkan Waktunya

Bisnis atau usaha itu butuh waktu. Karena Time Is Money. Waktu adalah uang. Anda tak punya waktu buat usaha. Maka usaha juga tak punya uang untuk anda. Simple kan.

Tidak ada usaha yang sampingan menurut saya. Dan tidak membutuhkan waktu. Semua itu pasti membutuhkan waktu. Dan itu tidak sebentar.

Seperti waralaba, waralaba intinya membangun sebuah usaha tapi usaha itu sedang booming. Sehingga tak perlu banyak promosi karena sudah banyak orang yang tahu akan kualitasnya.

Namun apakah anda tahu bahwa sebuah waralaba membutuhkan waktu untuk mendapatkan konsumennya. Itu waralaba, bayangkan bila anda memulai usaha atau merintisnya dari awal. Inilah yang harus dipersiapkan. Masalah waktu. Baik waktu untuk mengurus usaha atau waktu untuk menunggu usaha menjadi sukses.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Waralaba Bagi Pemula

Jika anda memahami apa yang saya bicarakan diatas. Kemumgkinan untuk sukses terbuka lebar. Dan coba terapkan dari sekarang. Karena take action tidak lalah penting dari planning!!