Cara Memilih Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas Baik



Memilih ikan cupang aduan yang berkualitas harus teliti. Dengan pemilihan yang tepat, tentu akan sangat berguna bila ikan cupang aduan mengikuti lomba. Sehingga kemungkinan untuk menang sangat besar.

Ikan cupang aduan dan cupang hias sebenarnya tidak jauh beda. Hanya saja dalam sifatnya, ikan cupang aduan lebih agresif dibanding ikan cupang hias. Sehingga dengan bentuk fisik yang tidak jauh berbeda ini memaksa anda untuk memilih jenis ikan cupang aduan yang benar sehingga mendapatkan ikan cupang aduan yang berkualitas.

Berikut cara memilih ikan cupang aduan yang berkualitas :


1. Postur tubuh

Postur tubuh harus diperhatikan dalam pemilihan ikan cupang aduan. Dengan postur tubuh yang ideal dan ukuran besar, maka kesempatan untuk memenangkan laga akan sangat besar.

Yang dimaksud besar disini adalah tubuh ikan cupang aduan full pressed body (ramping-liat).
Jika dilihat seksama ada cekungan halus dari ujung badan sampai samping perut.

2. Warna

Warna ikan cupang dapat menentukan umur ikan cupang itu sendiri. Apabila ada warna yang masih terang agak transparan di ujung ekor. Maka pertanda ikan cupang masih muda.

Ikan cupang yang masih muda tidak cocok untuk di turunkan dalam laga aduan cupang. Sebaiknya pilih umur ikan cupang yang berumur minimal 1,5 bulan.


3. Sisik Dan Ring Bibir

Ikan cupang aduan ketika memulai laga tentu akan saling menyerang. Dari serang menyerang tersebut mengakibatkan sisik pada tubuhnya menjadi rontok dan akhirnya terluka.
Oleh karena itu, penting sekali untuk anda bila mencari ikan cupang aduan dengan sisik yang tebal. Sehingga tidak mudah luka ketika di serang lawan.

Selain sisik, ring bibir pada ikan cupang juga menandakan kualitas ikan cupang itu sendiri. Terutama ikan cupang aduan. Ciri-ciri ring bibir pada ikan cupang aduan yang berkualitas adalah Ring mulut berbentuk rapat mengatup sempurna.
Dengan bentuk ring seperti itu akan menghasilkan gigitan yang sangat kuat dan merobek tubuh lawan.

4. Bulu Ekor

Bulu ekor pada ikan cupang aduan yang berkualitas yaitu ekor dengan tipe yang agak tebal. Tidak pendek dan tidak panjang. Bulu ekor pada ikan cupang aduan seperti ini mampu mengeluarkan tenaga yang sangat kuat.

Sebaiknya bulu ekor ikan cupang di rawat agar tidak terlalu lebar. Sehingga akan aman dan tidak memudahkan lawan ketika ikan cupang aduan berlaga.

Uraian cara diatas bisa anda pakai untuk menemukan jenis ikan cupang aduan yang berkualitas. Sebenarnya ada cara lain yang biasanya dilakukan oleh penggemar ikan cupang aduan.

Yaitu dengan menanyakan kepada penjual ikan cupang. Tanyakan seri yang terbaik kepada penjual tersebut. Namun cara ini sangat sulit, karena biasanya penjual ikan cupang sudah memiliki pelanggan loyal.