Cara Memasarkan Es Krim Rumahan Agar Cepat Terjual



Memasarkan produk olahan rumahan memang tidak mudah. Hal ini juga terjadi terhadap produk es krim rumahan. Meskipun es krim, ternyata memasarkan ke konsumen sangat sulit. Sehingga cara untuk memasarkan es krim murahan ke konsumen perlu dipelajari sebelum memproduksinya.

Sebenarnya cara memasarkan es krim rumahan agar cepat terjual sangatlah mudah. Yang terpenting anda memenuhi persyaratan berikut ini :


1. Harga Terjangkau

Es krim rumahan yang anda ciptakan memang tidak akan mampu untuk menyaingi es krim produksi brand ternama. Sehingga sangat sulit untuk anda jika ingin memenangkan persaingan ini. Langkah yang paling tepat adalah dengan bersaing di harga jual. Pahami kondisi market.

Jika anda akan menjual es krim untuk anak-anak sekolah dasar. Tentu harga Rp 1.000,- adalah harga yang ideal. Dengan cara ini, es krim rumahan akan mampu bersaing di pasar es krim.



2. Kemasan

Anak-anak yang pertama kali di pikirkan bukanlah rasa. Namun warna yang menggoda. Sehingga seberapa kreatifnya anda untuk membuat kemasan es krim dengan sangat menarik dan lebih higenis.

Yang perlu di perhatikan adalah, anda harus memberi label dan tutup. Sertakan pula kode BPOM yang tertera di produk bubuk es krim.



3. Rasa

Rasa menjadi nomor 3 karena secara teknis es krim rumahan tidak akan dapat menyaingi rasa dari es krim buatan brand ternama. Langkah yang bisa anda pilih adalah dengan memperbanyak variasi rasa pada es krim tersebut.
Anda bisa mencampur 2 rasa es krim pada 1 cup atau yang lainnya sesuai ide kreatif dan inovatif yang anda miliki.


Setelah 3 hal diatas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah strategi pemasaran es krim rumahan. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk menjual es krim produksi rumahan. Diantaranya :


1. Memasarkan Sendiri

Untuk memasarkan sendiri, anda harus memiliki tempat dan juga box es krim yang harganya lumayan mahal. Jika anda memasarkan di rumah hal ini tidak akan menjadi masalah yang serius. Jika anda akan berjualan keliling maka siapkan peralatan yang membuat es krim tidak meleleh.

Keuntungan dalam memasarkan sendiri yaitu keuntungan yang di peroleh lebih banyak. Namun anda akan lebih bekerja keras untuk memasarkan produk es krim rumahan tersebut.



2. Titip Di Warung Lain

Cara lain yang paling efektif dalam penjualan es krim rumahan adalah dengan menitipkan hasil es krim tersebut ke warung-warung atau ke kantin sekolah. Usahakan anda menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa kantin di sekolah dasar maupun SMP.

Jika setiap kantin mampu menjual 20 cup es krim dalam sehari, anda tinggal mengalikannya dengan berapa banyak kantin yang bekerja sama dengan anda.


Itulah cara memasarkan Es Krim rumahan agar cepat terjual. Mungkin ada beberapa cara lain yang lebih cocok untuk anda. Namun, anda juga bisa menerapkan tips yang kami berikan diatas untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.