Cara Membuat Kolam Tembok Untuk Ikan Cupang


Membuat kolam tembok untuk ikan cupang atau biasa disebut bak beton untuk ikan cupang dapat dengan mudah di modifikasi sesuai ukuran lahan. Hal ini dikarenakan ukuran kolam ikan cupang tidak harus luas. Yang terpenting ada sarang untuk memisahkan atau memberi jarak ikan cupang satu dengan ikan cupang lainnya.

Ukuran kolam tembok ikan cupang atau kolam beton ikan cupang sebaiknya tidak terlalu luas. Anda bisa memilih ukuran yang ideal. Ukuran kolam cupang yang ideal yaitu panjang 2 meter dengan lebar 1 meter.

Ukuran kolam tembok ikan cupang ini dipengaruhi oleh faktor panen. Sehingga, apabila kolam tidak terlalu luas maka panen ikan cupang pun akan dengan mudah untuk dilakukan.

Ukuran ideal kolam ikan cupang
  1. Panjang 2 meter 
  2. Lebar 1 meter 
  3. Tinggi kolam 50 cm 
  4. Kedalam air kolam 20 - 25 cm

Cara Membuat Kolam Tembok Ikan Cupang 

1. Pembuatan Fondasi 

Sebelum anda membuat fondasi untuk kolam, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mengukur luas kolam yang akan di buat.
Setelah panjang dan lebar siap, lakukan pembuatan fondasi untuk kolam.

Fondasi sangat penting, karena hal ini nantinya akan mencegah adanya keretakan rambut pada kolam. Meskipun ukuran kolam tidak begitu besar, anda harus tetap menggunakan fondasi. Bisa memakai batu ataupun batu bata untuk menghemat biaya.

2. Pembuatan Dinding Kolam 

Langkah kedua yang harus anda lakukan yaitu mendirikan dinding kolam. Dinding kolam bisa anda buat menggunakan batu-bata. Untuk perbandingan semen dan pasir yaitu 1 : 2.

Setelah selesai, selanjutnya lakukan pemlesteran menggunakan bahan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu lapisi kembali menggunakan lapisan aci dari semen. Usahakan jangan menggunakan bahan dari waterproof. Agar tumbuhan lumut dapat tumbuh sebagai pakan alami ikan.

3. Pembuatan Dasar Kolam 

Setelah pembuatan dinding selesai, langkah selanjutnya yaitu pembuatan lantai kolam. Tahap ini merupakan bagian yang paling penting, karena banyak sekali kolam tembok yang mengalami kebocoran pada dasar kolam. Sehingga anda harus membuat dasar kolam sesuai prosedur.

Sebelum membuat dasar kolam, langkah yang harus anda lakukan yaitu memadatkan tanah terlebih dahulu. Setelah itu periksa dengan teliti apakah ada sarang rayap yang berada di tanah dasar kolam. Jika semua sudah di lakukan, lakukan pemlesteran atau pembuatan dasar kolam menggunakan campuran pasir dan tanah terlebih dahulu. Dengan perbandingan 1 : 1.

Setelah dasar kolam kering, selanjutnya anda bisa melapisi dengan lapisan aci dari semen. Agar tidak terjadi kebocoran atau keretakan rambut.

Itulah cara membuat kolam tembok atau kolam beton untuk ikan cupang.
Jangan lupa setelah tahap pembuatan selesai, anda tidak dapat langsung menggunakan kolam tersebut. Silahkan anda lakukan persiapan kolam terlebih dahulu. Langkah-langkahnya dapat anda baca Disini

Selain cara diatas, sebenarnya anda dapat menggunakan balok-balok betom yang disusun untuk dinding kolam. Namun anda harus menggunakan terpal untuk lapisan dinding dan dasar kolam.