Cara Pengolahan Lada Putih Yang Benar Dan Mudah

Cara Pengolahan Lada Putih 

Lada putih menjadi salah satu komoditas pertanian yang memiliki harga jual cukup mahal. Beberapa tahun lalu lada putih mampu menembus Rp 100.000,- per kilogram. Sehingga banyak sekali masyarakat yang berminat untuk memulai usaha budidaya lada putih di lahan yang mereka punya.

Namun sayang sekali banyak masyarakat yang belum mengerti bagaiman cara pengolahan lada putih hingga menjadi produk yang siap pakai seperti yang sering kita temui di pasar atau di warung.

Jika penasaran cara mengolah lada putih yang benar, berikut ini ulasan singkat cara mengolah lada putih yang mudah.

Pengolahan Lada Putih 

Lada putih sejatinya sama seperti dengan lada hitam. Atau kedua jenis lada ini adalah sama. Hanya saja cara pengolahannya yang berbeda. Jika lada hitam hanya dijemur hingga kering, berbeda dengan lada putih yang harus melalui beberapa tahapan untuk menjadi lada putih siap pakai.

Berikut ini langkah-langkah lengkapnya :

1. Perendaman 

Perendaman ini dilakukan untuk memudahkan proses pemisahan kulit lada. Untuk hasil yang maksimal biasanya menggunakan lada yang sudah berwarna merah atau orange. Namun untuk lada yang masih berwarna hijau juga bisa diolah menjadi lada putih.

Cara perendaman lada yang baik yaitu :
  • Buah lada yang akan diolah menjadi lada putih dimasukan kedalam.karung goni jika pengolahan dalam kuantitas yang besar. Tapi jika hanya untuk konsumsi sendiri bisa saja langsung masukan kedalam mangkuk dan isi dengan air.
  • Untuk kuantitas yang besar atau banyak perlu memperhatikan air yang digunakan untuk merendam buah lada. Air yang digunakan harus bersih dan mengalir. 
  • Proses perendaman ini selama 5 - 8 hari. Tergantung kondisi lada yang sedang di rendam. 

2. Pencucian 

Pada tahap ini, pengolahan lada putih tidak hanya dicuci. Melainkan juga dilakukan proses pemisahan kulit lada hingga menjadi lada putih. Caranya cukup mudah, yaitu :
  • Keluarkan lada dari karung goni yang telah direndam 
  • Kumpulkan menjadi satu dalam wadah khusus. Atau bisa juga menggunakan terpal bila jumlahnya banyak. 
  • Lalu remas-remas buah lada hingga kulitnya mengelupas. Bisa juga menggunakan kaki (kaki di cuci bersih terlebih dahulu)
  • Setelah kulit buah lada terpisah, masukan kedalam drum yang di isi air. Dengan begitu kulit lada akan mengapung dan terpisah dengan sendirinya. 
  • Lebih mudah lagi jika menggunakan air mengalir. 
  • Setelah bersih, tiriskan lada putih yang masih basah sampai airnya tidak menetes lagi. 

3. Pengeringan 

Pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kandungan kadar air didalam lada putih. Sehingga mendapatkan lada putih dengan kualitas terbaik serta dapat tahan lebih lama.

Cara pengeringan lada putih sebagai berikut :
  • Jemur lada putih dibawah sinar matahari selama 3 - 5 hari.
  • Pengeringan bisa dilakukan menggunakan alas terpal ataupun langsung menggunakan lantai. 
  • Tumpukan lada sebaiknya di balik.menggunakan garuk dari kayu agar cepat kering. 
  • Untuk cek kekeringan secara manual, bisa dengan cara menggigit lada putih tersebut. Jika terdengar suara menggeretak, tandanya lada putih sudah siap dikemas. 


4. Pengemasan 

Sebelum dilakukan pengemasan, sebenarnya ada satu tahapan yang harus dilalui oleh lada putih itu sendiri.

Yaitu proses pembersihan dan sortasi. Caranya cukup dengan ditampi menggunakan tampah. Pisahkan sisa-sisa gagang lada yang masih tertinggal, kotoran seperti dedaunan kering dan lada-lada yang tidak berbobot. Atau biasa disebut menir.

Setelah itu barulah lada putih masuk kedalam proses pengemasan. Caranya :
  • Pengemasan menggunakan karung bersih karena akan dijual pada pengepul
  • Cukup masukan kedalam karung lalu jahit yang kuat. 
  • Setelah itu bisa langsung dijual. 

Mungkin para pemula yang akan terjun didunia lada putih sering bertanya-tanya "Berpakah hasil pengolahan lada putih dari 1 kg lada basah ?"

Biasanya menurut pengalaman para petani. Lada basah dengan berat 1 kg yang masih bergagang jika diolah menjadi lada putih akan menghasilkan 250 - 400 gram saja.

Itulah cara lengkap membuat lada putih atau mengolah lada putih yang benar dan mudah. Semoga dapat bermanfaat buat semuanya.