Cara Mudah Mencari Pelanggan Ayam Pedaging Atau Ayam Broiler

Cara Mencari Pelanggan Ayam Pedaging

Usaha ternak ayam potong atau biasa di sebut sebagai usaha ayam pedaging (ayam broiler) tentu sangat menguntungkan. Selain itu, proses panen ayam pedaging juga sangat cepat. Biasanya para peternak ayam pedaging dapat memulai panen hanya dalam masa pemeliharaan selama 1 bulan saja.

Ayam pedaging sangat dibutuhkan oleh pasar. Karena banyak sekali rumah makan yang membutuhkan daging ayam. Selain itu juga banyak industri makanan yang membutuhkan bahan baku daging ayam. Seperti produk sosis misalnya.

Tetapi banyak dari peternak ayam pedaging yang merasa kesulitan untuk mencari pelanggan untuk menerima ayam potong atau ayam pedaging tersebut. Sehingga ketika masa panen tiba, penjulan ayam pedaging sangat lambat dan menyebabkan kerugian.

Sebenarnya dalam mencari pelanggan ayam pedaging atau ayam potong yang siap membeli secara rutin sangat mudah. Hanya saja banyak peternak yang belum mengetahuinya.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh peternak untuk mencari pelanggan ayam pedaging atau ayam potong yang siap menampung hasil panen ternak ayam pedaging :

1. Kemitraan 

Cara yang pertama dalam usaha ternak ayam pedaging atau ayam potong yaitu dengan bekerjasama atau kemitraan. Baik dengan PT atau bentuk kerjasama lainnya.

Secara umum para peternak sudah melakukan langkah ini. Karena langkah ini dinilai lebih mudah dalam proses pemasaran. Karena harga sudah dijamin oleh mitra dan juga hasil panen akan dibeli oleh mitra secara keseluruhan.

Dengan cara ini seorang peternak tidak perlu mencari pelanggan atau calon pembeli untuk membeli semua hasil panen ayam pedagingnya. Karena ketika masa panen tiba, mitra (PT) akan membeli semua ayam tersebut.

2. Menjual ke Agen Atau Pengepul 

Cara ini juga cukup lazim untuk mencari pelanggan ayam pedaging atau ayam potong. Untuk mencarinya mungkin sedikit lebih sulit. Namun bisa diatasi dengan adanya teknologi yang memungkin mencari pembeli secara online. Seperti lewat sosial media dan lain-lain.

Untuk mendapatkan agen yang bersedia membeli ayam pedaging dalam jumlah besar. Bisa mencarinya dipasar. Caranya tunggu di sekitar penjual daging ayam. Biasanya agen akan mengantarkan ayam pada jam-jam tertentu.

Nah, pada saat itulah dapat dilakukan proses negosiasi dengan agen yang menyuplai ayam di pasar. Tentunya dengan harga dan jumlah pasokan yang sudah di tentukan dari kedua belah pihak.

3. Langsung Suplai Ke Pasar 

Cara mencari pelanggan ayam pedaging selanjutnya yaitu dengan cara menjualnya langsung kepasar. Sehingga tidak melalui agen atau pengepul.

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah. Karena peternak hanya mendatangi penjual ayam dipasar dan memulai proses negosiasi untuk menyuplai ayam pedaging kepada penjual ayam tersebut.

Agar penjual ayam dipasar bersedia menerima ayam pedaging yang kita tawarkan. Sebaiknya berikan potongan harga atau setidaknya memberikan harga yang sedikit lebih murah dari harga yang diberikan oleh agen. Sehingga penjual ayam tersebut bersedia menerima ayam pedaging yang sedang kita tawarkan.


4. Membuka Tempat Pemotongan Ayam 

Cara lainnya yang cukup simple adalah membuka usaha tempat pemotongan ayam atau tempat potong ayam. Cara ini cukup mudah, karena kita hanya menyediakan tempat potong ayam. Dan ayam yang akan di potong pun tentunya juga berasal dari peternakan kita sendiri.

Namun kendala dari usaha ini tentu saja modal yang juga tidak sedikit. Tentu anda harus melakukan promosi agar masyarakat tahu bahwa ada sebuah tempat pemotongan ayam baru dan menawarkan harga yang bersaing.

Sediakan juga mesin pembuat bakso. Sehingga apabila terdapat calon pembeli yang menginginkan bakso dapat langsung membeli pada tempat yang telah kita sediakan. Dan tentunya ayam yang digunakan juga ayam dari peternakan kita sendiri.

Itulah beberapa cara untuk mencari pelanggan ayam pedaging. sebagai saran, sebaiknya pilih kemitraan saja. Karena akan lebih mudah dalam proses pemasaran. Dan harga pun akan tetap stabil.