Lebih Untung Ternak Ayam Petelur Atau Ayam Broiler

Ayam Broiler

Memilih jenis usaha tentunya akan didasari pada prospek atau analisa keuntungan yang akan didapatkan oleh calon pelakunya. Begitupun dengan usaha peternakan, memilih hewan ternak juga harus mempertimbangkan hal tersebut. Seperti yang banyak dipertnayakan oleh para peternak, mereka masih sedikit ragu untuk memilih ternak ayam petelur atau ayam broiler.
Pertanyaan yang sering dilontarkan yaitu "lebih untung ternak ayam petelur atau ayam broiler ?"

Sebenarnya kasus ini tidak hanya terjadi pada ternak ayam saja. Tetapi juga pada jenis usaha lainnya.
Lalu apa jawabannya ?
Lebih untung yang mana ?

Berikut ini ulasan lengkap terkait dengan pertanyaan lebih untung ternak ayam petelur atau ayam broiler.

1. Ayam Petelur

Ternak ayam petelur juga termasuk kedalam jenis usaha peternakan yang memiliki prospek cukup baik dan sangat menguntungkan. Faktor utamanya yaitu telur ayam memiliki permintaan yang cukup tinggi. Karena selain sebagai lauk, telur juga digunakan sebagai bahan baku utama dalam usaha pembuatan roti atau kue.
Faktor inilah yang membuat usaha ternak ayam petelur sangat menguntungkan.

Keuntungan lain yang akan anda dapatkan pada usaha ternak ayam petelur yaitu tidak perlu susah-susah memasarkan telur hasil produksi ayam yang sedang anda ternakkan. Karena agen atau pengepul biasanya berdatangan untuk mengambil telur langsung dari kandang.

Selain keuntungan diatas, tentu saja ayam petelur juga memiliki kelemahan yang juga harus dihadapi oleh peterna.
Berikut ini kelebihan dan kelemahan yang harus dihadapi oleh peternak ayam petelur :

Kelebihan Ternak Ayam Petelur
  • Laju pertumbuhan ayam petelur cukup baik
Dalam waktu 4,5 - 5 bulan saja bobat pada ayam petelur dapat mencapai 1,6 - 1,7 kilogram per ekor. Selain itu, pada beberpa ekor ayam petelur tersebut sudah ada yang mampu untuk mulai memproduksi telur. Tentu hal ini sngat menguntungkan. Karena semakin cepat ayam berproduksi tentu potensi keuntungan yang akan didapatkan juga akan sangat cepat.
  • Kemampuan produksi cukup tinggi
Dalam satu tahun, satu ekor ayam petelur mampu menghasilkan 250 - 280 butir telur. Sedangkan bobot rata-rata telurnya mencapai 50 - 60 gram per butir. Hal ini akan menjadi lebih maksimal apabila openggunaan ransum oleh peternak dilakukan dengan maksimal.
Periode masa bertelur ayam petelur juga cukup lama. Ayam petelur mampu memproduksi telur dalam waktu yang cukup lama. yaitu selama 13 - 14 bulan.
  • Tingkat konversi pakan yang cukup tinggi
Kelebihan lainnya pada ayam petelur yaitu konversi terhadap penggunaan ransum yang sangat baik. Berdasarkan penelitian, ayam petelur mampu menghasilkan 1 kilogram telur setelah menghabiskan ransum sebanyak 2,2 - 2,5 kilogram pakan.
Kelebihan ayam petelur yang satu ini tentu harus anda pertimbangkan dengan matang sebelum memilih jeni unggas petelur lainnya. Dengan tingkat konversi pakan yang tinggi atau baik, tentu penggunaan pakan akan lebih efektif dan efesien. Dan ini berarti bahwa potensi keuntungan yang besar akan menanti.

Selain kelebihan yang dimiliki oleh ayam petelur, hewan ternak yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan yang tidak bisa di hindari oleh peternak ayam petelur itu sendiri.
Berikut ini kelemahan yang di miliki oleh ayam petelur

Kelemahan Ayam Petelur
  • Lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan
Tidak seperti ayam  kampung yang lebih tahan terhadap penyakit. Ayam akan lebih mudah stress apabila kondisi lingkungan yang berubah cukup cepat dan tidak stabil.
Ayam petelur juga membutuhkan tingkat perawatan yang intensif. Karena ayam petelur memiliki tuntutan hidup yang sangat tinggi.
Seperti kualitas pakan yang tepat, air minum yang cukup dan juga sanitasi atau kondisi kandang yang juga harus baik.
  • Harga pakan yang cukup mahal
Harga pakan yang mahal sudah tidak asing lagi bagi pengusaha ternak ayam petelur. Harga tang melambung tentu saja akan membuat keuntungan yang akan didapatkan sedikit berkurang.
Tetapi hal ini bisa diatasi dengan memilih atau membuat sendiri pakan alternatif untuk ayam petelur. Tetapi harus dengan komposisi ransum yang tepat.

Ayam Petelur

2. Ayam Broiler 

Ayam broiler juga menjadi salah satu peternakan dari keluarga unggas yang juga memiliki prospek tidak kalah baik dengan ayam petelur. Sehinga banyak sekali para peternak yang biasanya bingung untuk memilih memulai usaha ternak ayam petelur atau ayam broiler.

Salah satu faktor yang membuat usaha ternak ayam broiler memberikan prospek yang cukup baik dikarenakan permintaan daging ayam yang juga sangat tinggi di pasaran. Mungkin kita sering menjumpai olahan yang menggunakan bahan baku daging ayam yang disediakanoleh restaurant tersebut.
Tidak hanya itu, salah satu keuntungan yang paling mempengaruhi dalam usaha ternak ayam broiler yaitu proses pemarasannya yang sangat mudah. Karena banyak sekali perusahaan yang membuka peluang kerjasama untuk membangun usaha ternak ayam broiler ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kelebihan dan juga kekurangan usaha ternak ayam broiler yang mungkin bisa menjadi pembanding sebelum menentukan pilihan untuk memulai usaha ternak ayam petelur atau ayam broiler.

Kelebihan Ayam Broiler
  • Memiliki pertumbuhan yang sangat cepat
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ayam broiler yaitu masa panen yang cepat.

Dalam waktu 5 minggu saja ayam broiler udah dapat dilakukan proses panen. Hal ini memang harus dimiliki oleh ayam broiler. Karena pada prinsipnya memang ayam broiler di pelihara untuk menghasilkan daging ayam dengan cepat. Dengan dilakukan pengoptimalan ransum atau pakan dan juga faktor pendukung lainnya.
  • Kebutuhan pasar yang sangat tinggi
Bisa dilihat dalam prosuk makanan cepat saji seperti sosis misalnya. Banyak yang menggunakan daging ayam sebagai bahan bakunya. Bahka sekarang banyak sekali bakso yang juga menggunakan daging ayam.
Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi pelakui usaha ternak ayam broiler.
  • Harga Jual yang sangat bagus
Terkadang harga daging ayam juga bisa naik turun, tetapi harga ayam broiler masih cukup menguntungkan bagi peternak ayam broiler. Didukung dengan permintaan pasar yang cukup tinggi dan juga masa panen yang relatif sangat singkat, maka harag yang naik turun ini sedikit tidak berpengaruh pad prospek usaha ternaka ayam broiler yang cukup menguntungkan.
  • Pengelolaan dan perawatannya tidak sulit
Meskipun ayam potong atau ayam broiler ini merupakan ayam yang mudah mengalami stress. Tetapi proses pemeliharaan dan perawatannya masih tergolong tidak sulit dan cukup mudah. Terlebih banyak perusahaan yang menawarkan kerjasama untuk membangun usaha ternak ayam broiler. Tentu proses perawatannya akan lebih mudah karena dibantu oleh tim profesional dari perusahaan itu terkait. Selain itu, biasanya perusahaan memberikan jaminan harga atau kontrak harga jual pada saat panen. Dan lebih mudahnya lagi, hasil panen akan langsung diangkut oleh perusaan tersebut tanpa harus capek atau pusing memikirkan proses pemasaran pasca panen.

Sama halnya dengan jenis peternakan lainnya, usaha ternak ayam broiler ini juga memiliki kelemahan yang mungkin dapat menjadi kendala bagi pengelolanya atau peternak ayam broiler itu sendiri. Berikut ini kelemahan usaha peternakan ayam broiler atau ayam pedaging

Kelemahan  Ayam Broiler
  • Membutuhkan modal yang besar 
Modal ini digunakan untuk membeli bibit DOC, perlengkapan kandang, Obat-obatan dan vaksin serta pakan dan juga biaya awal pembuatan kandang. Tetapi rasanya semua usaha ternak juga membutuhkan modal yang besar. Terlebih untuk modal awalnya.
  • Mudah Stress
Ayam broiler juga dikenal sebagai ayam yang muda stress. Ayam ini sangat rentan terhadap kondisi cuaca dan juga serangan dari berbagai penyakit. Baik yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun oleh parasit. Selain itu, ayam broiler juga memiliki tingkat penyebaran penyakit yang sangat tinggi. Sehingga ketika salah satu ayam broiler yang ada didalam kandang terserang penyakit maka penyebaran penyakit atau virus tersebut ke ayam broiler lain sangat cepat. Namun anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Karena anda bisa menanggulanginya dengan cara melakukan proses karantina pada ayam broiler yang sedang terserang penyakit.
  • Memerlukan Ransum Yang Tepat
Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal pada usaha ternak ayam broiler tentu saja membutuhkan perawatan yang intensif. Termasuk juga dalam segi ransum pakan. Kita tahu bahwa ayam broiler memang di setiing untuk dapat dipanen secepat mungkin. Sehingga pemberian ransum tentu saja harus tepat serta efektif dan efisien. Yang menjadi kendala dalam proses pemberian ransum ini yaitu prosesnya yang cukup rumit. Tentu untuk mendapatkan racikan ransum yang optimal dan dibutuhkan oleh ayam broiler tidaklah mudah. Anda harus melakukan observasi terlebih dahulu agar mendapatkan kompisisi ransum yang tepat. Tetapi hal ini sebenarnya tidak perlu anda khawatirkan. Karena biasanya peternak ayam broiler menjalin kerjasama dengan perusahaan tertentu. Dan pada perjanjian tersebut ada yang menyinggung soal pakan atau ransum yang akan digunakan untuk usaha budidaya ternak ayam broiler. Biasanya ransum atau pakan yang akan digunakan pada usaha ternak ayam broiler menggunakan pakan yang telah di stok oleh pabrik atau pakan yang telah disediakan oleh pabrik.

Itulah ulasan mengenai keduanya. Jadi kesimpulan terkait dengan masalah lebih untung ayam broiler atau ayam petelur jika diambil dari uraian diatas tentu saja ayam broiler lebih diunggulkan. Karena apabila memulai usaha peternakan ayam broiler yang dilakukan melalui kerjasama dengan perusahaan. Tentu saja resiko kerugian dapat diminimalisir. Selain itu, proses pasca panen pun juga tidak sulit. Karena hasil panen dari ayam broiler akan langsung diambil oleh perusahaan yang bekerjasama dengan peternak. Dan lebih menguntungkan lagi yaitu harga jualnya telah ditentukan sesuai dengan isi perjanjian awal teken kontrak.

Tapi semuanya tergantung pelaku yang akan memulai usaha jenis ini. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan yang harus diketahui adalah keduanya juga memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Yang terpenting yaitu perawatan yang dilakukan harus tepat serta intensif. Sehingga akan menghasilkan profit yang maksimal.